Letusan Gunung Sinabung yang Mengejutkan Dunia

1
206
katengah 3
Foto: Yanta Surbakti (Ka Tengah Tegun Sinatap)

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Indonesia termasuk di dalam wilayah Lingkaran Api Pasifik atau Cincin Api merupakan daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Keberadaan Indonesia yang termasuk di dalam wilayah Cincin Api kerap menjadi pusat perhatian dunia karena semenjak era Gunung Toba hingga Krakatau dan Tambora, kerap terjadi letusan gunung yang maha dahsyat. Meski letusan gunung yang maha dahsyat tidak pernah lagi terjadi di Indonesia semenjak ratusan tahun, pada tahun 2013 Indonesia kembali menjadi pusat perhatian dunia.

Setidaknya keberadaan letusan Gunung Sinabung yang terjadi semenjak bulan September 2013 hingga kini telah mengalami letusan berkali-kali dan mengakibatkan hujan abu.

Dari puluhan kali letusan Gunung Sinabung yang tercatat, salah satu yang paling dahsyat terjadi pada 25 November 2013 barusan. Dalam waktu 2 jam saja, Sinabung bererupsi 3 kali dengan ketinggian embusan asap mencapai 2 kilometer. Sementara, hujan abu terjadi hingga radius 7 km.

Dari catatan National Geographic Indonesia, aktivitas Sinabung tahun ini mendapat perhatian dari dunia, diberitakan oleh beragam media internasional. Masing-masing pemberitaan media internasional menyebutkan bahwa Sinabung telah “bangun” setelah tidur ratusan tahun.

Seperti diketahui sebelumnya, Sinabung adalah gunung yang dikategorikan sebagai Tipe B, yaitu gunung yang tidak memiliki karakteristik letusan magmatik. Gunung yang juga tergolong dalam tipe ini antara lain Gunung Merbabu yang bertetangga dengan Merapi.

Akibat terjadinya letusan dahsyat tahun 2010, Sinabung akhirnya dikategorikan sebagai gunung Tipe A. Memiliki sejarah letusan setidaknya dalam 1.600 tahun terakhir. Semenjak letusan yang terjadi di bulan September 2013 lalu, status Sinabung hingga kini terus disesuaikan. Letusan Sinabung dinaikkan dari Waspada ke Siaga.

Sempat diturunkan kembali menjadi Waspada pada 29 September 2013. Tapi, pada akhir November 2013, status Sinabung dinyatakan Awas.

1 COMMENT

Leave a Reply