Status Tanggap Darurat Sinabung Mungkin Diperpanjang

0
187
katengah 6
Foto: YANTA SURBAKTI (Katengah Tegun Sinatap)

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Masa tanggap darurat Gunung Sinabung yang sejatinya akan berakhir 4 Januari 2014 mendatang kemungkinan besar masih akan diperpanjang. Ini diungkapkan oleh Kepala BPBD Pemprov Sumut Asren Nasution [Minggu 29/12].

Tingginya aktifitas bumi di bawah tanah diyakini menjadi salah satu alasan status tanggap darurat Sinabung akan diperpanjang. Selain itu, menurut Asren Nasution, sejauh ini belum ada rekomendasi yang disampaikan Pusat Vulkanologi yang bertugas di sana terhadap tim.

Seperti diketahui bahwa sejauh ini, status tanggap darurat sudah kali keenam diperpanjang.

“Nanti kita lihat lagi apakah Pusat Vulkonologi merekomendasi status itu dicabut atau tidak. Suhu (guru/penentu) gunung itu ada namanya, yaitu Pusat Vulkonologi. Dialah suhunya. Kalau katanya kosong 5 kilometer, kita kosongkan dan yang mengeluarkan SK adalah Pemkab melalui rekomendasi mereka. Sudah enam kali ini diperpanjang,” ujarnya.

Dengan memperhitungkan aktivitas Gunung Sinabung yang masih tinggi, serta status masih Awas, masa tanggap darurat diperpanjang dari 22 Desember 2013 hingga 4 Januari 2014.

Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan radius aman lebih dari lima kilometer dari puncak kawah Gunung Sinabung.

Seperti diketahui, jumlah pengungsi Sinabung sejauh ini ada sebanyak 18.821 jiwa atau 5.946 Kepala Keluarga (KK)yang tersebar di 31 titik pengungsian. Adapun, pihak PVMBG sejauh ini menyatakan, belum dapat memastikan hingga kapan masyarakat harus terus mengungsi. Semua tergantung pada aktivitas Gunung Sinabung.

Leave a Reply