Hati-hati Memberitakan Sinabung

0
102

juara 18JUARA R. GINTING. LEIDEN. “Hati-hati dengan pendramatisiran berita-berita Sinabung,” demikian Pemimpin Redaksi Sora Sirulo, Ita Apulina Tarigan, berpesan lewat telepon ke staf redaksi yang sedang mengolah berita-berita di dapur redaksi tentang letusan Gunung Sinabung.

“Maksunddu apa?” pekerja di dapur redaksi bertanya dari Leiden karena tidak begitu mengerti apa yang dimaksudkan oleh Pemimpin Redaksi yang sedang berada di Media Centre BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kabanjahe [Senin Malam 30/12].

Lalu, katanya: “Berita-berita yang dikirim ke dapur redaksi barusan kita dapatkan langsung dari Media Centre BNPB yang mengadakan kontak radio dengan tim teropong di lapangan. Banyak berita menyebar, terutama di media sosial, yang membesar-besarkan peristiwa ledakan Sinabung atau menafsirkannya sesuka hati mereka tentang aliran lava dan debu panas.”

Dapur redaksi akhirnya mengerti inti peringatan dari Pemimpin Redaksi adalah agar tidak memperkaya berita dengan informasi-informasi yang berseliweran di media sosial.

Leave a Reply