Sirulo TV: Aktifitas Sinabung Terus Meningkat

0
105

Sirulo TV: Sinabung Masih Saja Gerudukngguntur purba 60NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung terus meningkat. Erupsi terus menerus terjadi dan disertai luncuran awan panas yang telah mengarah ke pemukiman warga. Saat ini [Jumat 3/12], luncuran awan panas sudah  mencapai 3 Km ke arah Tenggara, ke Desa Bekerah (Kecamatan Namanteran). Terlihat luncuran awan panas disertai guguran meterial batu dan lava pijar dari kawah Gunung Sinabung. Gunung ini ternyata masih berpotensi menghasilkan besar.

Luncuran awan panas sudah  mengarah ke pemukiman dengan kecepatan berkisar 100 Km /jam. Luncuran awan panas sangat berbahaya dan mengancam keselamatan karena suhu awan panas melebihi 700º C dengan jarak luncuran awan panas sudah mencapai 3 km lebih.

Bagi warga yang berada di radius 5 Km saat ini dihimbau agar segera mengungsi dan tetap berada di pos pengungsian.

Badan Geologi mencatat jarak luncuran awan  semakin jauh dari erupsi sebelumnya. Erupsi dengan luncuran awan panas disertai  guguran  lava dan meterial batu telah mengarah ke pemukiman seperti di Desa Sukameriah dan  Desa Bekerah. Warga hendaknya diintensifkan untuk mensterilkan kawasan rawan bencana radius 5 Km.

Info tambahan mengenai erupsi Sinabung [Jumat 3/1: Pkl. 18:28:59 Wib]: Tinggi kolom erupsi 6.000 meter. Awan panas 3.500 meter ke arah Tenggara. Arah angin Barat Daya. Lama gempa erupsi 217 detik.

Leave a Reply