Pintu Besi dan Jeraya yang di Luar Radius 5 Km Sekarang Diungsikan

0
186
ngguntur purba 59
Di sebuah posko pengungsian

NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Jumlah pengungsi bencana erupsi Sinabung telah menembus angka 20 ribu jiwa lebih. Membludaknya angka ini dipicu oleh meningkatnya intensitas erupsi Sinabung dan semakin membahayakan/ mengancam.

Terkait penigkatan aktivitas gunung api Sinabung hingga saat ini [Jumat Sore 3/1], Satuan Kerja Tanggap Darurat melakukan rapat evaluasi untuk membahas seluruh penanganan bencana. Usai rapat, Dan Satgas Tanggap Darurat Letkol Prince Meyer Putong mengungkapkan, peningkatan aktivitas dan intensitas erupsi ini telah memicu lonjakan jumlah pengungsi.

“Jika sebelumnya jumlah pengungsi sebanyak 19 ribu jiwa lebih, kini kembali terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 20.331 jiwa,” katanya.

Kenaikan itu juga dipengaruhi keluarnya rekomendasi pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi terkait evakuasi ratusan warga di Desa Pintu Besi dan Jeraya (Kecamatan Simpangempat) yang berada di radius 7 kilometer karena posisi ke dua desa yang berada persis di jalur mulut kawah. Namun, Meyer memastikan, hingga kini untuk zona berbahaya masih berada di radius 5 kilometer.

Sementara itu, hingga sore ini, erupsi Gunung Sinabung yang disertai awan panas terus saja terjadi. Bahkan semburan awan panas kini terlihat sudah membentuk jalur baru yang menuju ke desa-desa di zona bahaya.

Leave a Reply