Rumah Tanduk, Lagu Panggilan Bagi Masyarakat Karo

2
298
brandy 12
Elias Pranata Purba

BRANDY KARO SEKALI. MEDAN. “Rumah Tanduk” atau (Sada Karang, Sada penggejapen kita kalak Karo) adalah sebuah lagu Karo yang berkisah tentang panggilan kepada seluruh warga Karo agar memberikan perhatiannya kepada kuta kemulihen, yaitu Taneh Karo Simalem.

Panggilan untuk peduli terhadap Taneh Karo dinilai sangat penting dari seluruh warga Karo mengingat situasi kekinian yang kurang kondusif, seperti terjadinya bencana alam erupsi Gunung Sinabung, ditambah dengan bencana longsor yang kerap terjadi dan menelan korban jiwa. Ditambah pula keadaan pemerintahan di Kabupaten Karo yang dianggap sedang carut marut, seolah ada gambaran seperti seorang anak tanpa sosok seorang Ayah.

Lagu “Rumah Tanduk” adalah karya dari Martin Barus dan diunggah ke Youtube oleh Elias Pranata Purba.

Menurut penuturan Elias Pranata kepada Sora Sirulo melalui pesan Facebook [Kamis 2/2], lagu ini menghimbau seluruh orang Karo agar menjaga kelestarian budaya Karo. Dengan begitu, diharapkan generasi penerus berikutnya tidak akan pernah melupakannya.

“Lagu Rumah Tanduk menekankan kepada seluruh lapisan masyarakat Karo, khususnya generasi muda, baik yang tinggal di dalam dan di luar Taneh Karo, agar tetap menjaga kelestarian adat istiadat yang diwariskan oleh para leluhur,” ujar Elias Pranata.

Elias menambahkan, pesan penting yang ada pada lagu “Rumah Tanduk” adalah ajakan agar semua lapisan masyarakat Karo mengutamakan perbaikan daripada mencari kambing hitam di dalam semua permasalahan-permasalahan yang kini sedang menimpa Taneh Karo.

Selain memberikan penjelasan tentang kisah dan pesan yang terdapat pada lagu “Rumah Tanduk”, Elias memberikan keterangan tentang orang-orang yang terlibat didalam kehadiran lagu tersebut, diantaranya adalah Abner Surbakti, Nezza Surbakti, Nicho Diva, Irpan Dika Ujung, Ian Pelawi, Nuvitha br Tarigan, Deshie br Surbakti dan beberapa lainnya.

Berikut adalah cuplikan lagu Karo berjudul “Rumah Tanduk” yang bersumber dari situs berbagi video Youtube. http://www.youtube.com/watch?v=Ek-5IHGv5yk. Meski kami tampilkan di sini, ada baiknya kam mengunjungi langsung link tersebut di youtube dan berikan like untuk menyemangati pencipta lagu mengembangkan bakat dan kreatifitasnya.

2 COMMENTS

  1. Kalau anak-anak muda sudah mulai menunjukkan kepedulian yang begitu tinggi dan menjangkau jauh . . .
    senior-senior ini bikin apa? Bangga saja pastilah tidak cukup, terutrama bagi senior-senior Karo yang ada kedudukan tertentu, pastilah banyak juga yang bisa disumbangkan bersama dengan semangat muda itu.

    MUG

Leave a Reply