Sinabung Semakin Rawan, Warga Pintu Besi dan Jeraya Dievakuasi Paksa

0
159

ngguntur purba 62 Sirulo TV: Sinabung Masih Saja GerudukNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Hingga tadi sore [Jumat 3/2], peningkatan aktivitas gunung api Sinabung semakin membahayakan. Untuk mengantisipasi timbulnya korban akibat erupsi yang disertai luncuran awan panas, tim gabungan TNI-POLRI akhirnya melakukan evakuasi paksa terhadap ratusan penduduk 2 desa di sekitar Sinabung yang berjarak sekitar 7 kilometer dari kawah gunung.

Langkah evakuasi warga di luar Zona Bahaya ini dilakukan mengingat posisi kedua desa, yaitu Pintu Besi dan Jeraya, berhadapan persis dengan mulut kawah.

Dengan mengerahkan truk dan sejumlah personil, Tim Gabungan TNI-POLRI melakukan evakuasi terhadap setiap penduduk di Desa Pintubesi dan Desa Jeraya (keduanya di Kecamatan Simpangempat) meskipuni kedua desa ini tidak masuk dalam Zona Berbahaya karena berada di luar radius 5 kilometer dari kawah gunung.

ngguntur purba 63Tanpa perlawanan, warga terlihat hanya pasrah dievakuasi ke atas truk. Memang, diantaranya terlihat ada yang menangis karena mereka akhirnya turut terkena imbas bencana Sinabung.

Untuk mensterilkan kedua kampong, petugas juga melakukan penggeledahan satu per satu rumah penduduk guna memastikan kedua desa sudah kosong.

Terkait evakuasi ini, Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol Edward N Saragih selaku pimpinan tim mengungkapkan, evakuasi terhadap ratusan penduduk di kedua desa dilakukan menyusul keluarnya rekomendasi pihak Pusat Vulkanologi yang menyatakan lokasi kedua desa sudah sangat rawan. Kendati berada pada radius 7 Km dari puncak gunung, namun posisi kedua desa berada persis di mulut kawah. Selanjutnya, penduduk desa ini akan langsung ditempatkan di lokasi penampungan di Berastagi untuk berbaur dengan pengungsi lainnya.

Sementara untuk memastikan tidak akan ada lagi masyarakat yang bermukim di kedua desa, pihak TNI-POLRI akan menyiagakan personilnya di pintu masuk desa/ guna sterilisasi.

Leave a Reply