Sirulo TV: Awan Panas Sinabung Sudah Mengarah ke Pemukiman

0
284

ngguntur purba 67NGGUNTUR PURBA. SIMPANG EMPAT. Telah terjadi 29 kali letusan Gunung Sinabung hari ini [Sabtu 4/2] diiringi gempat terus menerus. Luncuran awan panas semakin meningkat hingga mencapai sepanjang 4,5 Km lebih ke arah Tenggara. Awan panas semakin ke pemukim an warga.

Sejak awal Tahun Baru hingga hari ini setiap harinya terjadi erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik, lava pijar dan awan panas diiringi gempa dengan tremor yang terus menerus. Erupsi berlangsung secara terus menerus dan saling bersusulan hingga puluhan kali dengan ketinggian kolom berkisar 4.000 meter.

Terlihat pula luncuran awan panas disertai guguran meterial debu vulkanik dari kawah gunung. Luncuran awan panas semakin melebar dikarenakan sudah tidak terbendung lagi oleh dinding kawah yang telah longsor.

Lereng alur awan panas di perbukitan sudah mulai rata dan penuh tumpukan material longsoran. Luncuran awan panas yang suhunya berkisar 700º C lebih yang kecepatannya semakin tinggi bergerak ke arah pemukiman. Terlihat luncuran awan panas mengarah ke Tenggara  menuju Desa Bekerah (Kecamatan Naman Teran).

Hingga saat ini,  tercatat jarak luncuran awan  panas  semangkin jauh dari erupsi sebelumnya. Erupsi dengan luncuran awan panas disertai  guguran  lava, mateterial pasir dan batu  yang berbahaya bagi keselamatan jiwa.

Warga kembali dihimbau untuk mensterilkan kawasan rawan bencana radius 5 km.



Leave a Reply