Radius Berbahaya Sinabung Diperluas. Jumlah Pengungsi Bertambah

0
124
alexander firdaust  14
Warga yang baru kemarin diungsikan secara paksa (Foto: NGGUNTUR PURBA)

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Gunung Sinabung yang dianggap semakin berbahaya dengan aktivitas erupsi semakin tinggi, membuat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak kemarin [Jumat 3/1] telah menaikkan rekomendasi radius tidak aman dari 5 Km ke 7 Km.

Ini khusus diberlakukan terhadap wilayah bagian Tenggara Gunung yang berada satu garis dengan mulut kawah.

Sehubungan dengan itu,  selain wilayah berbahaya di dalam radius 5 Km yang diberlakukan selama ini, ada dua desa lagi yang harus disterilkan, yaitu Jeraya dan Pintu Besi (Kecamatan Simpangempat).

Dengan bertambahnya dua desa yang disterilkan, maka saat ini, jumlah pengungsi Sinabung juga bertambah. Bila sebelumnya jumlah pengungsi Sianabung tercatat sebanyak 19.126 jiwa, maka kini telah bertambah menjadi 20.331 jiwa. Begitu pula dengan jumlah titik lokasi pengungsian bertambah dari 31 menjadi 32 titik pengungsian.

Dengan demikian pula, maka tercatat sampai sejauh ini sudah 23 desa dan 2 dusun di Kabupaten Karo yang terpaksa dikosongkan akibat erupsi Gunung Sinabung.

Seperti diketahui sebelumnya, awan panas Gunung Sinabung yang sangat membahayakan jiwa itu telah mencapai jarak 4 Km dari puncak gunung ke arah Tenggara kemarin [Jumat 3/1]. Terkait dengan peristiwa itulah maka warga dua desa tersebut harus diungsikan.

Leave a Reply