TV Nasional Belanda Beritakan Sinabung

0
132

juara 18JUARA R. GINTING. LEIDEN. Setelah beberapa hari terakhir ini beberapa harian nasional Belanda menampilkan foto-foto mengenai letusan Gunung Sinabung yang terletak di Karo Gugung (Sumatra Utara, Indonesia), malam ini [Minggu 5/2: Pkl 22.10 Waktu Belanda] sebuah stasion televisi nasional Belanda menyampaikan berita mengenai Sinabung. Penyampaian berita yang berlangsung lebih 1 menit ini menandakan dunia internasional menanggapi serius bencana letusan Sinabung.

Berita itu disampaikan oleh NOS 2 (Nederland Omroep Stichting) dalam acara News Uur yang setiap malamnya merupakan salah satu acara yang paling dinanti-dinantikan oleh warga Belanda.  Acara ini memusatkan perhatian pada detil peristiwa-peristiwa serius di dalam negeri (Belanda) maupun luar negeri/dunia.

Adapun berita yang disampaikan mengenai Sinabung malam ini bukanlah sesuatu yang baru bagi pembaca www.sorasirulo.com. Ada berita mengenai meningkatnya aktifitas Gunung Sinabung, perpanjangan Masa Tanggap Darurat Sinabung, keadaan pengungsi, dan kesiapsiagaan TNI-POLRI. Ada juga wawancara dengan seorang vulkanolog yang mengatakan Sinabung tak teramalkan.

juara 20
Ngguntur Purba saat mengkoordinir peliputan Sinabung oleh sirulo TV (klik foto untuk ukuran besar)

Namun begitu, sesuatu yang istimewa dari berita ini adalah bahwa salah satu acara TV terpenting di Belanda ini telah memberitakan peristiwa Sinabung dalam programanya. Ini merupakan indikasi penting untuk mengukur kepedulian dan perhatian dunia internasional terhadap peristiwa bencana Sinabung.

Besar dugaan, NOS 2 menganggap peristiwa ini penting setelah liputan Metro TV mengenai ‘Sinabung Tanpa Ayah’ serta foto-foto mengalirnya lava pijar yang ditampilkan di koran-koran nasional Belanda dan juga video-video yang ditampilkan oleh Sirulo TV liputan Ngguntur Purba.

Anehnya, koran-koran dan TV Belanda sudah lumayan lama tidak lagi memberitakan bencana alam di Philipina. Mengapa mereka sekarang justru mengarahkan perhatian ke Sinabung?

Leave a Reply