Berita Foto: Muntahan Sinabun di Berastepu

0
331
katengah 10
Berastepu [Sabtu 4/1: Pkl. 16.00 Wib] (Foto: YANTA SURBAKTI)

katengah 7YANTA SURBAKTI. KABANJAHE. Desa Berastepu (Kecamatan Simpangempat) adalah sebuah perkampungan besar (terdiri dari 8 kesain) yang letaknya sangat dekat dengan kawah Gunung Sinabung. Kampung asal dari Sibayak Sarinembah ini kini sunyi senyap dan sepi karena seluruh penduduknya diwajibkan mengungsi.

Dalam foto terlihat sebuah ladang di Berastepu dengan rumah tingkat dua di tengah ladang, terbuat dari kayu beratap seng. Tanaman yang tumbuh di sekitarnya terlentang diterpa muntahan lumpur erupsi Sinabung. Daun-daun berguguran dan cabang-cabang pohon berpatahan.

Apakah Berastepu akan tinggal kenangan? Desa ini adalah basis perjuangan Pa Garamata (Kiras Bangun). Putranya Si Harimau Liar, Payung Bangun alias Pa Berontak, melanjutkannya menjadi basis perjuangan Barisan Harimau Liar (BHL) setelah dia menggantikan Mariam Ginting si anak Doulu yang gugur di Medan Juang.

Rimo Berastepu memang hanya tinggal nama. Tapi, apakah kuta heroik yang rumah-rumah adatnya dibakar oleh laskar di masa Agresi (lebih 50 rumah adat) ini akan sirna?

Tak ada vulkanolog yang berani meramalkan apa yang akan terjadi dengan kampung ini. Tak seorang pun juga berani meramalkan apa yang akan terjadi dengan Sinabun.

Leave a Reply