Lava Pijar Sinabung Dianggap Semakin Membahayakan

0
241
katengah 9
Foto: YANTA SURBAKTI (Katengah Tegun Sinatap)

ALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Gunung Sinabung kembali meletus menyemburkan debu vulkanik disertai semburan lava pijar dan awan panas [Minggu 5/1] jelang tengah malam. Meski letusan tidak terlalu keras, tetapi keberadaan material yang keluar berwarna merah cerah dapat terlihat dengan jelas. Oleh aktivitasnya yang kian meningkat belakangan ini, Sinabung dianggap semakin membahayakan.

Selain dapat mengancam keselamatan jiwa, Sinabung juga dikhawatirkan mengancam kelangsungan makluk hidup di sekitarnya. Terutama, ternak dan ladang pertanian penduduk yang tinggal di sekitar lereng Sinabung.

Terkait dengan kondisi Sinabung yang kian berbahaya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan hal senada. PVMBG berjanji akan terus memantau dan menyampaikan perkembangan gunung api Sinabung yang bergolak semenjak September 2013 hingga saat ini.

Selain itu, guna mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dapat terjadi akibat erupsi Gunung Sinabung, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau kepada warga agar segera mengungsi dari wilayah-wilayah kaki gunung yang dianggap rawan bencana.

“Akitivitasnya makin meningkat. Sebaiknya warga mengungsi demi mengantisipasi kemungkinan terburuk dari Sinabung. Erupsinya intens tiga hari terakhir. Membahayakan,” kata Sutopo Purwo Nugro, Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sutopo juga berharap agar seluruh warga tetap waspada dan tidak terpancing dengan isu menyesatkan seputar aktivitas Sinabung yang kian bergejolak dalam kurun beberapa hari terakhir.

“Diharapkan seluruh warga tetap waspada dan tidak terpancing isu-isu menyesatkan mengenai aktivitas Sinabung yang semakin mengkhawatirkan ini, ikuti saja arahan pemerintah,” ujarnya.

Leave a Reply