Sirulo TV: Pertanian dan Peternakan Sekitar Sinabung Gagal Total

0
181
katengah 13
Foto: YANTA SURBAKTI

NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Letusan-letusan Sinabung beberapa hari terakhir ini berdampak hebat terhadap lingkungan sekitar, pertanian warga dan transportasi. Letusan-letusan yang disertai lava pijar, luncuran awan panas dan debu vulkanik mengakibatkan tanaman penduduk bertumbangan. Jalanan pun menjadi licin penuh kubang akibat semburan debu bercampur air dari kawah Gunung Sinabung.

Selain itu, debu vulkanik tetap saja menghujani sejumlah desa sehingga lahan pertanian penduduk di sebelah Barat dan Selatan gunung berapi ini rusak parah.

Sebagian warga terpaksa menggiring ternaknya terutama lembu meninggalkan kampung halaman dengan berjalan kaki. Sebagaimana seorang pengungsi yang ditanyai oleh Sirulo TV di jalan kemarin [Minggu 5/1] menuturkan hendak menuju Berastagi sambil menggiring 3 ekor lembu. Bagaimana tidak, tak ada kenderaan lagi yang berani memasuki wilayah radius 5 km karena jalanan penuh lumpur sehingga sangat licin.

Mengenai kondisi jalan ini, seorang warga yang ditemui oleh Sirulo TV mengatakan daerah Sebintun yang dulunya merupakan bagian dari Desa Berastepu (Kecamatan Simpangempat) ini adalah yang paling parah.

Hingga hari ini keadaan tetap sama dengan kemarin. Hampir tidak ada perubahan berarti.

Kepada Sirulo TV, pejabat Badan Geologi PVMBG kemarin [Minggu 5/2] menjelaskan, letusan dan  luncuran awan panas masih berpotensi terjadi secara lebih besar. Lihat video di bawah untuk mendengarkan penjelasan lebih lengkap dari PVMBG.

Leave a Reply