Tentang Letusan Sinabung Kemarin Malam

0
178

ngguntur purba 71NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunung Sinabung kembali meletus. Tercatat 34 kali erupsi pada hari Minggu [5/1 malam] dengan luncuran awan panas terjauh 3,5 km dibarengi lava pijar yang terus menerus dari siang hingga malam hari. Dampak erupsi, debu dan lumpur vulkanik melanda sejumlah desa. Lahan pertanian warga yang berada di sebelah Barat Daya dan Selatan rusak akibat lumpur vulkanik.

Gunung ini diperkirakan masih menyimpan energi yang sangat besar. Setelah Sabtu [3/1] kemarin, letusan dan erupsi sebanyak 50an kali dalam sehari. Namun, hingga kini,  aktiviitas Sinabung masih tinggi.

Pada hari Minggu [5/1], erupsi disertai lava pijar, luncuran awan dan debu vulkanik yang terjadi dari siang hingga malam. Ini  membuat warga penasaran dan ingin menyaksikan semburan letusan Gunung Sinabung. Warga ingin lebih mengetahui dampak erupsi yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

Karena itu, dari siang hingga malam, peristiwa erupsi yang disertai lava pijar tetap menjadi perhatian warga. Ratusan warga berbondong-bondong ke Desa Perteguhen (Kecamatan Simpangempat) untuk bisa menyaksikan pijar api letusan Sinabung lebih dekat. Ada juga warga yang sengaja membawa bekal agar dapat terus menyaksikan letusan hingga tengah malam. Walaupun berbahaya, erupsi susulan yang menyemburkan lava pijar dengan durasi yang cukup lama membuat warga takjum terhadap fenomena letusan.

Badan Geologi PVMBG menerangkan, letusan dan  luncuran awan panas masih berpotensi terjadi secara lebih besar. Sampai saat ini, terus terjadi guguran dinding kawah dan longsoran material  yang dapat menimbun lereng perbukitan di alur luncuran awan panas.

Telah terjadi 34 kali erupsi terus menerus yang disertai pijar api dari Minggu dini hari hingga malam. Teramati tinggi kolom asap berkisar 1500 – 3000 m dengan luncuran awan panas terjauh 3,5 km ke arah Tenggara. Debu vulkanik mengarah ke Barat Daya dan Selatan. Frekwensi erupsi sulit diprediksi dengan durasi yang berbeda yang disusul dengan erupsi selanjutnya.

ngguntur purba 72Hingga Minggu malam, erupsi dan lava pijar terus terjadi dengan durasi yang cukup lama, teramati dari kamera pendeteksi hawa panas, Gunung Sinabung menyemburkan lava pijar disertai luncuran awan panas yang bergerak cepat ke arah Desa Bekerah (Kecamatan Simpangempat).

Lihat liputan videonya di https://www.youtube.com/watch?v=ctzo9PYKw0E

Leave a Reply