Jusuf Kalla: Erupsi Sinabung Belum Masuk Kategori Bencana Nasional

0
259

alexander firdaustMuhammad Jusuf Kalla (Indonesia)ALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Meski jumlah pengungsi Sinabung hingga saat ini telah mencapai 22 ribu jiwa, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla menyatakan, erupsi Gunung Sinabung belum bisa ditetapkan sebagai bencana nasional. Alasannya, penanggulangan bencana masih mampu diatasi oleh jajaran tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jusuf Kalla saat memberikan paparan di hadapan jajaran PMI Sumatera Utara di Berastagi [Selasa 7/1/2014 malam].

“Kalau kabupaten dan provinsi tidak lagi mampu menanggulangi karena skala bencananya sangat besar dan memakan banyak korban, baru erupsi Gunung Sinabung bisa dikategorikan bencana nasional,” ujar Kalla seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, mantan Wakil Presiden Indonesia itu juga beralasan bahwa letusan Sinabung belum dapat masuk kategori bencana nasional karena belum ada letusan besar dan korban jiwa.

“Ini bedanya dengan di Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau di Sinabung ini, warganya lebih siap sehingga saat terjadi erupsi, mereka bisa segera diungsikan sehingga tak ada korban jiwa,” jelas Kalla.

Seperti diketahui pada Selasa malam Jusuf Kalla telah memantau keadaan erupsi Sinabung secara langsung, kemudian kembali berencana aktivitas gunung tersebut dan beberapa pengungsian di wilayah Kabanjahe siang ini [Rabu 8/1].

Leave a Reply