Sirulo TV: PMI Mencukupi Pangan Pengungsi Sinabung Sebulan Penuh

1
188

ngguntur purba 73NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyalurkan bantuan ke pos-pos pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung. Bantuan diminta tidak terlalu menggunakan proses administrasi yang ketat agar bantuan dapat mengalir langsung atau pun melalui Posko Utama.

“Ketentuan administrasi dapat dikesampingkan guna memperlancar penyaluran bantuan,” kata Jusuf Kalla.

Aktivitas Gunung Sinabung hingga hari ini masih berstatus Awas Level IV. Jumlah pengungsi sebanyak 22 ribu jiwa lebih, tersebar di 33 titik pengungsian.

Jusuf Kalla sebagai Ketua PMI mengunjungi langsung warga di kaki gunung yang berada di radius 7 km [Selasa malam 7/1] disertai para relawan PMI dan  warga didampingi Ketua PMI Sumut Rahmadsyah. Mereka  melihat aktivitas erupsi  Gunung Sinabung.

Dalam rapat evaluasi PMI, Jusuf Kalla yang mantan Wakil Presiden RI ini mengharapkan agar bantuan pengungsi Gunung Sinabung terus mengalir dengan peralatan dan relawan yang memadai. Menurutnya, memberikan bantuan tidaklah ada batas administrasi yang dapat menghambat penyalurannya.

Jusuf Kalla meninjau pos pengungsi di Mesjid Agung, Gereja Katolik Paroki dan GBKP di Kabanjahe. Para pengungsi dan koordinator pengungsi menyampaikan langsung bahwa logistik untuk kebutuhan pangan sudah menipis. Saat ini,  para pengungsi masih kekurangan sayur mayur dan lauk pauk lainnya. Jusuf Kalla beserta relawan PMI kemudian menyalurkan bantuan pangan yang dibutuhkan para pengungsi.

Jusuf Kalla menyatakan akan membiayai kebutuhan pangan para pengungsi untuk sebulan penuh.

“Bantuan lain bagi pengungsi dapat bergotongroyong dengan relawan. PMI telah memyiapkan peralatan dan relawan jika terjadi hal yang terburuk erupsi besar Gunung Sinabung,” tutur Kalla yang dalam perjalanan kembali menuju Medan menyempatkan singgal di warung wajid, Peceren (Berastagi).

1 COMMENT

  1. Baguslah JK berkunjung ke pengungsian dan melihat sendiri keadaan. JK orangnya praktis dan logis, kebutuhan yang diutarakan langsung dipenuhi dengan check PMI. Kelihatan dia senang menghadapi suasana tenang dan tertib di pengungsian. Walaupun bencana belum terhitung bencana nasional tetapi agaknya PMI Kalla juga siap membantu kebutuhan mendesak. Orang Karo sangat berterima kasih apapun yang diberikan sesuai dengan ‘endi-enta’ Karo. Entanya nr 2, walaupun disini situasinya entanya yang didepan. Endinya mungkin dalam aksi gotong royong, orang Karo selalu siap, dalam rangka mengutamakan endi tadi. Apa yang bisa diberikan, diberikan dengan rela. Indah memang way of thinking Karo kuno yang masih terpelihara ini.

    MUG

Leave a Reply