Abu Gunung Sinabung Juga Hujani Medan

0
169

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung (Karo Gugung) kembali menyambangi Kota Medan (Karo Jahe) [Sabtu 11/1]. Meski tidak separah yang terjadi November 2013 lalu, debu kali ini sudah mulai terlihat sejak pagi di kota terbesar di luar Pulau Jawa ini.

Dari pantauan Sora Sirulo, keberadaan debu vulkanik kali ini tidak begitu terlihat langsung. Meski demikian debu halus teramati pada mobil atau sepeda motor yang terparkir cukup lama. Demikian juga pada dedaunan tampak tertutupi oleh debu.

Meski keberadaan debu vulkanik sangat halus, sejumlah pengendara kendaraan roda dua mengaku mulai merasa terganggu. Hal tersebut diungkapkan oleh Nando Sembiring, seorang pengendara sepada motor di Padangbulan (Medan) kepada Sora Sirulo barusan [sekitar Pkl. 13.30 Wib].

“Memang debu vulkanik kali ini sangat halus, bang. Tapi cukup menggangu juga karena mengakibatkan perih ketika masuk ke mata,” ujarnya.

Seperti diketahu, hingga saat ini status Gunung Sinabung masih pada level IV (Awas). Radius 5 km dan 7 km di sisi Tenggara gunung ini harus kosong dari aktivitas penduduk.

 

Leave a Reply