Nova Pandia Duta Kata Mejuah-juah

0
192

https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1/1374343_430297007081865_844856547_n.jpgOleh: Brandy Karo Sekali (Medan)

 

 

Kata Mejuah-juah adalah salam khas Suku Karo yang berarti ungkapan ekspresi sambutan hangat seperti ungkapan Selamat Datang, Salam Hangat, Damai Sejahtera dan ungkapan-ungkapan lainnya yang mengandung kehangatan dan persahabatan. Salam khas ini sering diucapkan oleh orang Karo baik dalam percakapan sehari-hari antara sesama orang Karo dan juga kepada masyarakat di luar Karo. Sering kali digunakan pula sebagai kata pembuka surat-surat berbahasa Karo.

Meski Mejuah-juah adalah kata yang sangat umum dipakai oleh sesama orang Karo, kata ini belum dikenal luas di luar Suku Karo, khususnya di luar Sumatera Utara. Ketika orang Karo berinteraksi dengan masyarakat di Pulau Jawa, misalnya, orang-orang Karo kerap disapa dengan salam khas suku lain yang lebih familiar dari Sumatera Utara. Kesalahan seperti itu kemungkinan terjadi karena ketidaktahuan dari masyarakat luar bahwa salam khas Karo adalah tersendiri, yaitu Mejuah-juah.

Apa sebenarnya faktor yang mengakibatkan kata Mejuah-juah tidak begitu dikenal oleh kalangan luas di Indonesia?

Jawabannya adalah karena kurang diperkenalkan. Bahkan kebanyakan dari para perantau Karo ketika sudah berada di daerah lain, seperti di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua, kebanyakan dari mereka jarang mensosialisasikan kata Mejuah-juah kepada masyarakat setempat.

Nova Pandia adalah salah satu finalis New Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 2013 yang kini telah memasuki babak 4 Besar. Selama keberadaannya di panggung acara yang diadaptasi dari La Academia Meksiko, gadis kelahiran 11 November 1991 ini dalam setiap penampilannya tak pernah luput mengucapkan salam khas suku Karo, yaitu Mejuah-juah.

Mengingat acara New AFI 2013 sendiri ditayangkan melalui televisi swasta yang bersiaran Nasional, sehingga bukan tidak mungkin bahwa tayangan New AFI itu sendiri akan disaksikan oleh ratusan ribu, bahkan jutaan orang pemirsa setiap minggunya.

Ketika Nova Pandia pada setiap penampilannya selalu menyampaikan kata Mejuah-juah, maka salam khas Suku Karo yang diucapkannya tersebut secara langsung sudah tersampaikan kepada seluruh pemirsa yang terdiri dari jutaan orang.

Keberadaan Nova Pandia di panggung New AFI 2013 merupakan salah satu sosialiasi yang cukup efektif untuk memperkenalkan kata Mejuah-juah ke seantero Nusantara. Tidak berlebihan jika penulis dalam kesempataan ini menyebut bahwa Nova Pandia sendiri secara tidak resmi telah menjadi duta kata Mejuah-juah bagi masyarakat Indonesia, khususnya para penonton yang kerap menyaksikan acara New Akademi Fantasi Indosiar.

brandy 15Mengingat ajang pencarian bakat New AFI 2013 belum berakhir, maka kesempatan untuk tetap mempromosikan kata Mejuah-juah melalui Nova Pandia masih tetap terbuka lebar. Selama Nova bertahan di panggung New AFI 2013, maka ucapan kata Mejuah-juah masih tetap akan terdengar. Untuk itu, dukungan warga Sumut khususnya warga Karo masih sangat diharapkan.

Untuk mendukung Nova agar tetap berada di panggung AFI, maka dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS dengan format AFI (spasi) Nova dan kirim ke 7288.

Leave a Reply