Bengkel Ginting Tidak Gamang [Lagi] Primordial

1
108

Oleh: Robinson G. Munthe (Jakarta)

robinson g. muntheSyukurlah Bengkel Ginting sadar dan tidak gamang lagi atas identitas primordialnya dalam berpolitik. Itu pertanda kemajuan, bukan kemunduran.

Bukan pula kompromi atau sikap akomodatif sesaat untuk kepentingan Pemilu.

Identitas primordial tak mungkin disembunyikan selama kita berhubungan dengan orang lain. Lagi pula, integritas identitas primordial tak menghalangi persahabatan kita dengan orang lain.

Orang-orang cenderung lebih yakin dan percaya kepada seseorang dengan integritas pribadi yang jelas ketimbang abu-abu, apalagi yang tersembunyi (atau sengaja ditutup-tutupi karena sesuatu hal). Lagipula apa sih yang tersembunyi dalam dunia yang serba terbuka sekarang ini?

Mari berani maju dengan integritas jatidiri yang jelas dan kuat.

1 COMMENT

  1. “Orang-orang cenderung lebih yakin dan percaya kepada seseorang dengan integritas pribadi yang jelas ketimbang abu-abu, apalagi yang tersembunyi (atau sengaja ditutup-tutupi karena sesuatu hal).” (RGM)

    Gerakan KBB adalah contoh keterusterangan, keterbukaan yang sangat menguntungkan bagi semua orang bukan hanya orang Karo, karena KBB telah membikin ketetapan hati dan pedoman dalam memahami Karo, kultur Karo dan sejarah Karo.
    KBB telah terasa menguntungkan semua, kecuali bagi politik keabu-abuan, yang jelas merugikan Karo dan perkembangannya.
    ” Bengkel Ginting sadar dan tidak gamang lagi atas identitas primordialnya dalam berpolitik. Itu pertanda kemajuan, bukan kemunduran.”. ‘Pertanda kemajuan’ seperti ini sudah semakin meluas. Terlihat kedinamisan Karo dalam era internet sangat menonjol. Apakah karena internet adalah era introversion? Era orang Karo? Baca buku Susan Cain The Power of introversion 2012. Abad 20 adalah abad extroversion, the World that can’t stop talking. Abad 21 adalah abad introversion, the Power of introversion, abad orang Karo. Rata-rata orang Karo sudah merasakan.

    MUG

Leave a Reply