Minggu Depan Presiden SBY Kunjungi Pengungsi Sinabung

0
130
brandy 19
Saat Presiden SBY menjenguk pengungsi Sinabung di Kabanjahe pada tahun 2010 (Foto: JUARA R. GINTING). Klik untuk ukuran besar.

BRANDY KARO SEKALI. MEDAN. Keberadaan masyarakat Karo yang saat ini menjadi korban erupsi letusan Gunung Sinabung sangat memprihatinkan karena sudah lebih 3 bulan harus tinggal di tempat pengungsian. Tercatat hingga saat ini, jumlah pengungsi telah mencapai 25.605 jiwa yang berasal dari 28 desa yang tersebar di sejumlah titik aman di Kabupaten Karo.

Mengingat kondisi para pengungsi banyak yang mengalami tekanan mental akibat bencana alam yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir, dibutuhkan perhatian ekstra dari pemerintah; khususnya dalam memberikan dorongan semangat dan penghiburan.

Dalam hal ini kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentu sangat dirindukan oleh para pengungsi agar dapat melihat secara langsung situasi yang terjadi, sekaligus dapat mengobati perasaan sedih mereka yang saat ini sangat menderita dengan masa depan mereka yang tidak jelas.

Selain itu, kehadiran Kepala Negara juga diharapkan dapat membuat pemerintah daerah bersama tim penanggulangan bencana akan bekerja lebih maksimal dalam melaksanakan tugas penanganan pengungsi. Dengan begitu, segala kebutuhan mereka akan tetap terpenuhi.

Harapan kehadiran Presiden SBY seperti yang dinantikan oleh para pengungsi Gunung Sinabung selama ini sepertinya akan terwujud dalam waktu dekat. Melalui akun twitter resminya, Presiden telah memberikan konfirmasi bahwa dia akan datang ke Kabanjahe Minggu depan.

“Minggu depan, Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Kabanjahe, untuk pastikan penanganan Sinabung dan pengungsi berjalan baik,” tulis Presiden SBY [Senin 13/1].

Atas janji SBY untuk segera mengunjungi pengungsi Sinabungt, terlihat banyak tanggapan positif dari sejumlah masyarakat Karo di situs sosial media Facebook.

“Selamat datang, Pak. Jangan tunggu sampai ada yang korban kelaparan,” demikian ditulis MU Ginting salah satu aktivis Karo yang menetap di Swedia.

Leave a Reply