Sirulo TV: Petani Sinabung Mengais Sisa Tanaman

0
183

Mata Air Bermunculan di Karo GugungNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus menyisakan kesedihan bagi para petani di sejumlah desa di lereng-lereng Gunung Sinabung. Ribuan hektar tanaman di  lahan pertanian warga porak poranda akibat diselimuti debu vulkank. Sebagian petani terpaksa mengais  sisa hasil pertanian  mereka yang masih  bisa dijual untuk kebutuhan selama di pengungsian.

Seperti yang terjadi di Desa Berastepu (Kecamatan Simpangempat). Tanaman buah jeruk, tomat, cabai serta tanaman muda lainya hancur setelah diselimuti  debu vulkanik yang berubah menjadi lumpur setelah di guyur hujan.

ngguntur purba 81Ramos Surbakti, salah seorang warga yang hasil pertaniannya mengalami kerusakan akibat disapu semburan debu vulkanik Sinabung, terpaksa mengais sisa–sisa hasil pertaniannya yang rusak. Ia dan istrinya memilih sisa-sisa buah cabai di ladang mereka yang hampir keseluruhan mengalami kerusakan untuk dijual agar dapat memenuhi kebutuhan selama di pengungsian.

Semburan debu vulkanik Gunung Sinabung membuat para petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Mereka hanya dapat berharap agar Pemerintahan Kabupaten Karo dan Pemerihtahan Provinsi Sumatera Utara dapat membatu meringankan beban para petani yang terkena dampak bencana erupsi Gunung Sinabung.

Leave a Reply