Sirulo TV: Aktifitas Sinabung Masih Tetap Tinggi

0
160

Mata Air Bermunculan di Karo GugungNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Hingga hari ini [Jumat 17/1], terus menerus masih terjadi erupsi Gunung Sinabung. Baik siang maupun malam hari.

ngguntur purba 108Erupsi yang disertai lava pijar menjadi perhatian warga di luar zona radius 5 km. Sebagaimana terlihat oleh Sora Sirulo kemarin malam [Kamis 16/1], ratusan warga berbondong-bondong datang ke Desa Perteguhen (Kecamatan Simpangempat) untuk menyaksikan pijar api letusan Gunung Sinabung.

Di tempat lain, di Desa Namanteran, ada beberapa warga desa berjaga-jaga malam itu. Mereka khawatir kalau ada pencuri yang masuk ke kampung mereka.

Malam kemarin, erupsi susulan Gunung Sinabung menyemburkan lava pijar dengan durasi yang cukup lama. Menurut Badan Geologi, erupsi Sinabung di alur lereng ke arah Tenggara jaraknya mencapai lebih dari 3,5 km. Luncuran awan panas masih berpotensi terjadi secara lebih besar.

Hingga saat ini, terjadi guguran dinding kawah dan longsoran material  yang dapat menimbun perbukitan. Ini tentunya mengakibatkan luncuran awan panas semakin bebas  bergerak.

Erupsi terus menerus yang disertai pijar api telah tejadi sejak Minggu dini hari hingga sekarang. Teramati tinggi kolom asap berkisar 1500 – 4000 m dengan luncuran awan panas terjauh 4,5 km ke arah Tenggara. Frekwensi erupsi sulit diprediksi dengan durasi yang berbeda-beda dan disusul dengan erupsi selanjutnya.

Hingga malam hari ini, erupsi terus terjadi dengan durasi yang cukup lama.

Leave a Reply