Pasar Sayur Mayur di Medan Lunglai

0
288

http://www.sorasirulo.com/wp-content/uploads/2014/01/elisabeth-barus-9.jpgELISABETH BARUS. MEDAN. Situasi pasar sayur mayur di Medan akhir-akhir ini sangat tidak menentu. Selain ketersediaan barang di pasar tidak banyak, daya beli juga sangat lemah.

elisabeth barus 12Kurangnya komoditi sayur mayur di pasar-pasar Medan saat ini terkait erat dengan bencana alam Sinabung. Sebagian besar lahan pertanian di wilayah Karo Gugung, daerah penghasil sayur mayur terbesar di Sumut selama ini, hancur diterpa abu vulkanik yang disemburkan oleh gunung berapi Sinabung.

Menurunnya pasokan sayur mayur dari Karo Gugung menyebabkan melambungnya harga sayur mayur di Medan. Itu pula membuat masyarakat semakin enggan mengkonsumsi sayur, karena harganya meningkat drastis.

Keadaan seperti ini membuat lunglai para pedagang sayur mayur. Meski barang tidak banyak, itupun sulit menjualkannya. Ini mengakibatkan arus perdagangan sayur mayur menurun.

Menurunnya arus perdagangan berarti menurun pula lah aktivitas pedagang yang berarti pula menurunnya pemasukan mereka dari perdagangan sayur mayur.

Foto: Rombongan Pedagang Sayur Gunung dari Medan menyumbangkan sayur mayur ke posko pengungsi Sinabung.

Leave a Reply