Pentingnya “Mood Booster” dalam Kehidupan

1
318

Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ(Psikiater RS. Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor)

 

 

Di tengah situasi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini (hujan terus menerus, banjir, angin, dan udara dingin) bisa membuat mood kita menurun. Mood adalah suasana alam perasaan yang menetap dan mewarnai persepsi kita mengenai kehidupan. Ketika mood sedang baik maka kinerja dan fungsi kita pun berjalan dengan baik sehingga produktivitas kerja/aktivitas bisa meningkat. Tetapi apabila mood kita menurun maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Mood / perasaan ditentukan levelnya oleh berbagai hal, antara lain adalah kondisi fisik, kondisi mental/jiwa dan juga kondisi lingkungan. Apabila seseorang kondisi fisiknya menurun maka secara otomatis moodnya pun menjadi berkurang.

Demikian juga dengan kondisi mental, apabila seseorang cukup baik kondisi mentalnya maka dia akan mampu mengendalikan moodnya untuk tetap baik yaitu dengan cara mengelola pikirannya untuk tetap berpikir positif dan rasional.

lahargo 13
Sinabung sebelum bencana

Kondisi lingkungan sering juga mempengaruhi  mood seseorang. Apabila ada suasana di rumah atau kantor yang tidak sesuai dengan yang diharapkan maka mood juga akan terpengaruh.

Sudah sangat jelas bahwa mood seseorang sangat berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan. Setiap kita tentunya menginginkan kondisi mood yang baik agak dapat dicapai kinerja dan produktivitas yang baik dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Untuk bisa mengendalikan agar kondisi mood tetap baik atau meningkat, kita mengenal yang namanya “mood booster”, yaitu :

  1. Minum air yang cukup, karena kondisi tubuh yg dehidrasi bisa menyebabkan stres lebih mudah muncul.
  2. Makan snack ringan seperti coklat, yoghurt dan snack sehat lainnya akan menjaga kita jadi tetap fokus sampai pekerjaan selesai.
  3. Berjalanlah dari tempat bekerja selama 10 menit untuk mengendurkan otot-otot sambil melakukan streching.
  4. Tarik nafas panjang beberapa kali untuk meningkatkan aliran oksigenasi ke otak.
  5. Makan makanan laut seperti tuna dan salmon dipercaya bisa meningkatkan mood karena kandungan EPA dan omega 3 nya demikian juga dengan oatmeal.
  6. Lakukan organisasi kerja yang baik dengan membuat jadwal kerja dan progres setiap waktu sehingga semua tugas bisa terselesaikan dengan baik.
  7. Eliminasi penggunaan waktu yang kurang perlu dan tidak efisien seperti menggunakan jejaring sosial, bercanda dengan teman yang terlalu lama dan melamun. Gunakan waktu yang ada dengan efisien dan efektif.
  8. Lakukan latihan fisik dan olah raga yang menyenangkan untuk mengurangi stres dan meningkatkan endorfin yang merupakan hormon yang baik untuk menjaga mood tetap stabil.
  9. Mendengarkan musik dengan lagu-lagu ‘easy  listening’ selalu dapat meningkatkan semangat dan membuat hidup jadi lebih ceria.

Meskipun cuaca sedang kurang mendukung tetapi mood harus tetap ok, mari tetap semangat menjalani kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Salam sehat jiwa!

1 COMMENT

  1. Tulisan ini seperti juga biasanya selalu sangat bermanfaat dalam mengangani kehidupan sehari-hari. Pengetahan ‘sederhana’ tapi hidup dan berguna untuk hidup. Pelajaran bagus.

    MUG

Leave a Reply