Pernyataan SBY Terkait Solusi Pengungsi Sinabung

2
121

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Sehari sebelum kedatangannya untuk mengunjungi korban erupsi Gunung Sinabung, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali memberikan penyataan terkait solusi bagi para pengungsi.

Menurutnya, meski sejauh ini erupsi masih terjadi, tapi keberadaan penduduk dipastikan aman di penampungan dengan pembiayaan yang sesuai aturan dan peruntukan yang tepat sasaran.

“Di Sinabung, erupsi masih terjadi tapi penduduk aman karena ada di penampungan. Biaya yang besar dipastikan sesuai aturan, peruntukkan dan tepat sasaran,” ungkap Presiden SBY melalui akun facebooknya [Rabu 22/1].

Presiden juga menyampaikan bahwa solusi yang akan dilakukan untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung adalah mencegah terjadinya korban jiwa, pelayanan pengungsi, sekaligus memberikan bantuan kepada petani, serta akan melakukan relokasi terhadap desa yang masuk wilayah berbahaya.

“Solusi Sinabung antara lain cegah korban jiwa, layani pengungsi, beri bantuan kepada petani dan relokasi desa yang masuk wilayah berbahaya.” ujarnya.

Mengenai kebijakan dan solusi lengkap untuk Sinabung, menurut Presiden akan ditetapkan saat kunjungannya di Kabanjahe besok [Kamis 23/1]. Kebijakan dan solusi lengkap tersebut akan ditetapkan sesuai dengan saran dari Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Kabupaten Karo.

“Kebijakan & solusi lengkap utk Sinabung, insya Allah saya tetapkan besok di Kabanjahe, setelah mendengarkan saran Gub & Bupati,” tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden SBY akan mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabanjahe besok [Kamis 23/1]. Presiden SBY sendiri menurut rencananya akan berada di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung), khususnya Kabanjahe, selama tiga hari.

2 COMMENTS

  1. Penduduk petani ialah yang punya tanah sekitar 3-5 km dari gunung, bukan pekerja pendatang yang sekarang banyak nebeng di pengungsian untuk ikut dapat makan yang patutnya secepat mungkin cari kerjaan baru diluar pengungsian, sementara pekerjaan lama tak mungkin lagi, majikannya sendiri sudah tak bisa berikan pekerjaan di pengungsian.

    MUG

  2. Kelihatannya Bupati dan Gubsu punya pranan menentukan dalam kebijaksanaan presiden, Tetapi pengungsilah yang seharusnya punya keputusan yang tepat bagi keluarga pengungsi. Rakyat Karo secara umum harus ikut memperkuat tuntutan penyelesaian yang tepat dan yang permanent, mengingat erupsi bisa berjangka panjang, tahun atau puluhan tahun.
    Penduduk petani sekitar 3-5 km dari gunung dipindahkan ketempat permanent dengan penggantian mata pencaharian sementara untuk membiayai hidupnya, dan semantara menjamin kelanjutan pembiayaan mahasiswa anak-anak mereka, keringanan dari universitas bersangkutan dsb.

    MUG

Leave a Reply