4 Arahan SBY dalam Penanganan Bencana Sinabung

1
111

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Dalam kunjungannya ke Kabanjahe untuk menemui para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung [Kamis 23/1], Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan 4 arahan sebagai solusi penanganan terhadap bencana Sinabung.

Keempat arahan penangan terhadap bencana Sinabung dari Presiden SBY tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Puerwo Nugroho. Menurut Sutopo, hal pertama yang menjadi arahan Presiden adalah meminta BNPB agar melakukan penanganan bencana sesuai dengan prioritasnya.

“Pemkab dibantu Pemprov dan BNPB. Utamakan penyelamatan jiwa, jangan ada korban jiwa,” kata Sutopo seperti yang dikutip dari situs vivanews.com [Kamis 23/1].

Ke dua, Presiden memerintahkan agar kebutuhan dasar, psikologis dan sosial para korban bencana dipenuhi. Begitupula dengan pendidikan para pengungsi, harus diperhatikan dan tidak boleh ada yang drop out.

Arahan Presiden yang ke tiga adalah solusi untuk pertanian. Dalam hal ini, Presiden mengatakan bahwa Pemerintah akan memberikan bibit maupun bantuan kredit kepada para petani. Selain itu, bantuan perbankan juga akan diberikan bagi yang tidak bisa mengembalikan karena pertaniannya hancur.

Adapun arahan ke empat adalah Presiden meminta agar penduduk yang tinggal di radius 3 Km segera direlokasi, karena tidak aman.

“Boleh bertani tapi tempat tinggalnya harus di luar. Cari dan hitung berapa areal yang diperlukan untuk relokasi. Kebijakan dan anggaran dari pusat tetapi implementasi oleh Pemda. Masyarakat harus mendukung karena relokasi demi keselamatan masyarakat,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sehari sebelum kedatangannya di Kabanjahe, Presiden SBY telah memberikan penyataan terkait solusi bagi para pengungsi. Menurutnya, meski sejauh ini erupsi masih terjadi, penduduk dipastikan aman di penampungan dengan pembiayaan yang sesuai aturan dan peruntukan yang tepat sasaran.

“Di Sinabung, erupsi masih terjadi tapi penduduk aman karena ada di penampungan. Biaya yang besar dipastikan sesuai aturan, peruntukkan dan tepat sasaran,” ungkap Presiden SBY melalui akun facebooknya [Rabu 22/1].

1 COMMENT

  1. Beberapa poin penting sudah dikemukakan SBY presiden RI soal pengungsi Sinabung.

    Bantuan ekonomi dan kesehatan termasuk psikologis yang sangat penting dalam situasi pengungsian dengan masa depan tak bisa ditentukan dan hidup berjubel.

    Biaya anak-anak sekolah dan mahaiswa dari daerah ini.
    Bagi petani bantuan riil, pinjaman bank dan bibit (ini tentu kalau sudah bisa kembali lagi bertani).

    Yang mendesak juga sekarang ialah relokasi penduduk 3 km dari gunung. Karena dalam jangka tak tentu pasti selalu ada risiko dalam jarak ini. Bagus sekali dan sangat pada waktunya.

    Semua implementasi bantuan pusat lewat Pemda, kata SBY. Ini adalah moment emas bagi bupati Karo Jambi. Menggunakan atau menyalah gunakan.

    Dari pihak rakyat Karo harus selalu siap mengawasi jangan sampai menyimpang dan malah kacau. Pengawasan untuk kepentingan bersama rakyat Karo, termasuk ‘penyelamatan’ bupati yang sedang duduk diujung tanduk.

    Nasib Karo Jambi banyak tergantung dari nasib Sinabung ini. Sinabung akan memberkati atau akan menyumpahi beliau. Jika dia berhasil ‘menyelamatkan’ pengungsi Karo kali ini, blessing, kalau tidak . . . curse.

    Kita mengharapkan blessing. Dia bisa menunjukkan kepandaian dan kemampuan yang ada padanya untuk menunjukkan bahwa pelajaran kali ini bisa dijadikan positif bagi Karo dan juga bagi dia sendiri sebagai pemimpin Karo.

    MUG

Leave a Reply