Beidar 2 Betul Telah Dilepas?

1
216

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. BERASTAGI. Kambing hutan Sumatera (Capricornis Sumatraensis) atau dalam bahasa Karo disebut Bedar yang ditemukan oleh warga di seputaran Desa Singgarang-garang [Rabu 22/1] dikatakan telah dilepas.

Bedar berjenis kelamin jantan dengan bobot 50 kg tersebut ditemukan oleh dua orang warga, yakni Paten Sitepu dan Mercu Sitepu di lahan pertanian Desa Sigarang-garang (Kecamatan Naman Teran,). Menurut keterangan seorang warga, Pelin Sembiring [Kamis 23/1], Bedar 2 ini telah dibeli oleh seorang pemuka warga di Kabupaten Karo seharga Rp 4 juta. Selanjutnya hewan langka yang dilindungi tersebut kemudian dibawa ke pinggir hutan di lereng Gunung Sibayak, tepatnya di Desa Jaranguda (Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo). Di sana Bedar 2 kemudian dilepaskan [Rabu malam Pkl. 21.00 WIB], katanya.

“Dilepaskan begitu saja di sana,” kata Sembiring yang turut ikut melepas kambing itu ke hutan Gunung Sibayak yang berada di sebelah Gunung Sinabung.

Pelin sembiring juga mejelaskan, mereka memutuskan untuk melepaskan sendiri hewan tersebut dan tidak menyerahkannya ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), dengan alasan takut kambing itu mati, seperti halnya yang sempat terjadi pada penemuan Bedar 1 [Jumat 17/1].

“Kami ingin agar kambing itu selamat kembali ke alam,” kata Sembiring.

Selain menangkap dua ekor bedar, semenjak Gunung Sinabung meletus, warga juga telah menemukan sejumlah satwa liar, antara lain kucing hutan dan juga berbagai jenis ular. Diperkirakan hewan tersebut turun dari Gunung Sinabung karena tidak mampu lagi bertahan dengan kondisi letusan gunung yang sudah terjadi semenjak bulan September 2013 yang lau.

“Apakah benar Bedar 2 telah dilepas ke alam bebas? Mana buktinya? Apakah hewan langka dapat diperlakukan begitu saja tanpa melaporkannya ke jawatan resmi?” Demikian pertanyaan-pertanyaan yang muncul di masyarakat setelah menerima khabar atas adanya inisiatip beberapa orang untuk melepaskan Beidar 2 ke alam bebas.

1 COMMENT

Leave a Reply