Sirulo TV: Berastagi Masih Sepi Wisatawan

0
187

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 132NGGUNTUR PURBA. BERASTAGI. Tempat wisata maupun hotel di Berastagi yang berada di dalam radius 13,8 km dari kawah Gunung Sinabung masih sepi pengunjung.

Dalam amatan Sirulo TV kemarin [Minggu 26/1], hampir tak ada pengunjung yang sengaja datang ke Berastagi untuk berdarmawisata sebagaimana biasanya terjadi di hari-hari akhir pekan (Sabtu dan Minggu) sebelum meletusnya Gunung Sinabung.

Sejak meletusnya Gunung Sinabung, minat wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung), khususnya Berastagi, menurun sekali. Terlihat sepi beberapa tempat yang biasanya sering dikunjungi wisatawan seperti hotel-hotel, Bukit Gundaling, Pasar Buah Berastagi dan Pasar Kaget Berastagi di malam hari.

ngguntur purba 133Para pedagang makanan, penjual souvenir, penjual buah maupun para penunggang kuda merasakan jauh sekali penurunan kunjungan wisatawan ini. Dari penuturan para pedagang makanan dan souvenir di Berastagi tergambar penurunan pemasukan mereka. Selama ini, mereka berpenghasilan antara Rp. 500 ribu sampai Rp. 1 juta rupiah. Sekarang, pendapatan mereka menurun drastis antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu.

Menurunnya jumlah wisatawan juga terasa di lalu lalang kenderaan di jalanan. Biasanya, sebelum meletusnya Sinabung, selalu saja terjadi kemacetan lalu lintas di Berastagi pada hari-hari akhir pekan. Sekarang, tempat-tempat yang biasanya mengalami kemacetan lalu lintas kini sepi dan lalu lintasnya lancar-lancar saja.

Leave a Reply