Rusak Berat, Akses Jalan Desa Mardingding Julu Susah Dilalui

0
101

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Jalan yang mengakses Desa Mardingding Julu (Kecamatan Biru-Biru) saat ini kondisinya rusak parah sehingga sulit dilalui pengguna jalan.

 

Salah satu kondisi jalan Desa Mardingding yang telah dipenuhi lubang sehingga sulit dilalui.


Padahal, jalan desa ini adalah salah satu jalan vital bagi masyarakat karena satu-satunya akses jalan menuju ibukota kecamatan dan menghubungkan ke Kabupaten Karo. Jalan ini juga menjadi tumpuan warga setempat untuk memasarkan hasil pertanian setiap harinya.

“Kerusakan jalan di daerah kami sudah hampir dua tahun lamanya. Hampir seluruh badan jalan dihiasi lubang besar dan kecil,” kata J. Barus (51) salah seorang warga [Sabtu 1/2 siang].

Barus pun berharap agar Bupati Deliserdang drs. Amri Tambunan kembali melanjutkan Gerakan Deliserdang Membangun (GDSM) hingga ke desa mereka. Karena kondisi jalan saat ini benar benar telah menghambat aktivitas perekonomian warga.

Sementara itu, Kepala Desa Mardingding Julu (Jaman Tarigan) kepada Sora Sirulo yang ditemui secara terpisah mengatakan, infrastruktur jalan yang baik sangat penting bagi masyarakat. Bila jalan bagus dan memadai, maka menggambarkan rakyat pasti akan makin makmur, karena lancarnya transportasi.

“Dengan adanya akses jalan yang mulus, kendaraan bisa lalu lalang dengan sangat nyaman. Tak seperti yang ada di desa kami. Kondisinya sangat memprihatinkan,” kata sang Kades.

Secara tidak langsung sambung Tarigan, kami dirugikan oleh banyak hal dengan jeleknya kondisi jalan. Mulai dari kondisi jalan yang menyulitkan untuk dilewati oleh kendaraan, hingga gangguan akibat kondisi jalan yang demikian.

“Belum lagi, jika kondisi jalan sedang dalam keadaan hujan dan rawan terhadap genangan air yang bisa menyebabkan terperosok ke dalam lubang. Permukaan jalan yang berlubang sangat sulit diperkirakan. Hampir seluruh permukaan jalan sudah terendam oleh genangan air. Wajar jika banyak warga yang jatuh saat melintas,” beber Jaman Tarigan.

Dia mengharapkan juga agar pemerintah memberikan sedikit perhatian yang baik terhadap akses jalan di desanya.

“Dengan adanya prasarana jalan yang bagus, maka kami sebagai masyarakat juga akan sangat mudah dalam beraktifitas sehari-hari,” kata Tarigan.

Leave a Reply