Presiden SBY Sampaikan Belasungkawa Kepada Korban Sinabung

0
160

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN.  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui akun facebooknya menyampaikan belangsukawa bagi korban bencana erupsi Gunung Sinabung kemarin [Sabtu 1/2]. Dalam peristiwa tersebut, hingga kemarin dilaporkan 14 korban tewas dan beberapa orang lainnya dinyatakan mengalami luka-luka.

“Mari kita berdoa dan menundukkan kepala bagi 14 korban tewas awan panas Gunung Sinabung. Dari Tuhan kita berasal, kepada-Nya lah kita akan kembali,” tulis Presiden SBY di facebooknya, Minggu (02/02/2014).

Presiden juga menyampaikan perasaan sedih sekaligus menyesalkan terjadinya korban tewas dalam peristiwa itu. Menurutnya, ketika presiden berkunjung ke Kabanjahe beberapa waktu lalu telah mengingatkan agar para pengungsi tetap tinggal di penampungan, bersabar dan jangan kembali ke desanya bila kondisi belum aman.

“Saya sedih, karena sudah saya ingatkan untuk tetap tinggal di penampungan, bersabar dan jangan kembali ke desanya jika belum aman,” ujar Presiden.

Selanjutnya Presiden juga menyampaikan telah berkomunikasi dengan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tepat untuk memastikan musibah jatuhnya korban erupsi Gunung Sinabung tidak terjadi lagi.

“Saya sudah menelepon Kepala BNPB untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tepat untuk memastikan dapat mencegah musibah seperti ini terjadi lagi,” ungkapnya.

Presiden juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi petugas sekaligus menghindarkan zona bahaya yang sudah ditentukan. Hal tersebut menurut Presiden harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan kondisi terburuk yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

“Bagi rakyat, patuhilah petugas dan hindarilah zona bahaya. Erupsi bisa terjadi setiap waktu. Selalu waspada serta antisipasi kemungkinan terburuk,” himbau Presiden.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Sinabung yang terjadi kemarin telah menimbulkan jatuhnya 14 korban tewas dan beberapa lainnya mengalami luka berat. Berikut adalah daftar nama korban tewas yang sudah teridentifikasi hingga kemarin:

1. Alexander Sembiring (warga Simpang Korpri Kabanjahe, pelajar SMA 1 Merdeka) 2. Daud Surbakti (17 tahun), warga Desa Payung, Pelajar) 3. Dipa Nusantara (17), pelajar SMA Brastagi 4. David (17), pelajar Kelas 2 SMK Simpang Korpri 5. Mahal Sembiring (25), guru honorer SD Gurukinayan, asal Payung 6. Rizal Sahputra (23), warga JalanKarya Bhakti Medan (wartawan online, www.zonasumut.com) 7. Teken Sembiring (47), warga Desa Guru Kinayan 8. Santun Siregar (25), mahasiswa anggota GMKI Kuta Cane 9. Fitriani Br Napitupulu (19), hahasiswi warga Kota Cane 10. Asran lubis (21), warga Desa Perdamaian Kuta Cane 11. Marudut Barisan Sihite (25), mahasiswa warga Desa Kutatengah, Lau Sigala-gala Agara l2. Daniel Siagian (23), mahasiswa warga Aceh Tenggara 13. M. Zulpiandi Mori (21), ahasiswa warga Kota Cane 14. Tomas Sembiring Milala (27), warga Medan, pekerjaan wartawan cetak di Medan.

Leave a Reply