Evakuasi Korban Sinabung Dilanjutkan Kemarin

0
166

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungevakuasi 9NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Pencarian terhadap korban yang terkena awan panas Gunung Sinabung dilanjutkan kemarin  [Rabu 5/2].

Secara bersama tim BNPB, relawan, TNI, Basarnas dan PMI melanjutkan pencarian di bawah kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Sukameriah. Sebelumnya, pencarian sempat dihentikan sementara karena Gunung Sinabung masih teramat aktif.

Kepala BNPB Samsul Maarif di Posko BNPB Kodim Raya menyatakan bahwa mereka tetap terus mencari korban untuk memastikan mana tahu masih ada yang menjadi korban di lokasi.

“Walaupun tidak ada yang melapor kehilangan orangtuanya, kita harus tetap  menyisir lokasi tempat kejadian,” terangnya.

Kesulitan yang diperoleh dalam evakuasi adalah medan yang sulit dan harus berpacu dengan waktu. Jika terlihat awan panas mulai turun, tim evakuasi harus cepat-cepat melarikan diri untuk menghindari awan panas.

Di lain tempat, menurut keterangan relawan yang ikut membantu mengevakuasi korban 1 Februari 2014 lalu,  kemungkinan  masih ada yang tertinggal tidak sempat dibawa keluar karena gunung terus menerus melakukan aktivitasnya.

Sementara itu, persimpangan jalan masuk menuju desa Guru Kinayan telah dipalang dan warga yang ingin ke kampung dicegat untuk masuk ke Desa Gurukinayan.

Leave a Reply