Sinabung Urutan 4 Terlama Erupsi

0
190

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Gunung Sinabung kini tercatat sebagai gunung api dengan durasi erupsi terlama di Indonesia.

Semenjak mengalami erupsi pada 15 September 2013, tercatat hingga saat ini Sinabung telah mengalami erupsi selama 5 bulan tanpa henti. Dari catatan sejarah letusan gunung api di Indonesia, erupsi Sinabung kini menorehkan rekor terlama erupsi ke empat di Indonesia.

Iwan tarigan 7
Iwan Tarigan

Posisi pertama ditempati Gunung Agung di Bali disusul Gunung Galunggung di Jawa Timur. Erupsi Gunung Agung terjadi pada tahun 1963, sementara erupsi Gunung Galunggung menyusul terjadi pada tahun 1982. Kedua gunung ini mengalami erupsi dengan durasi lebih dari satu tahun. Posisi ke tiga ditempati oleh Gunung Bromo di Jawa Timur. Pada tahun 2010 yang lalu, Bromo mengalami erupsi dengan durasi lebih dari 7 bulan.

Catatan rekor letusan Sinabung sebagai gunung terlama erupsi ke empat di Indonesia disampaikan oleh Kepala Bidang Mitigasi Bencana, Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG Gede Suantika [Jumat 7/2].

“Dari segi durasi, (erupsi) Sinabung ini terlama ke empat (dalam sejarah letusan gunung di Indonesia),” ujarnya seperti yang dilansir situs Sindonews.com…

Menelisik sejarah letusan masing-masing gunung berdasarkan dampak negatif bagi masyarakat, Gede Suantika mengatakan bahwa erupsi Gunung Agung dan Galunggung berada pada posisi teratas. Posisi ke tiga justru ditempati Gunung Sinabung dibanding Bromo yang lebih lama letusannya.

“Kalau dari segi durasi, Bromo ke tiga. Tapi dari segi dampak ke masyarakat, mungkin Bromo ini ke empat,” jelas Gede.

Meski berdampak negatif, Gede Suantika mengingatkan, erupsi gunung api juga memiliki dampak positif. Salah satu dampak positif itu adalah tanah yang akan menjadi subur usai terkena material erupsi.

“Material abu dan pasir (hasil erupsi gunung api) itu kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan,” tandas Gede.

Leave a Reply