Kesehatan Jiwa: Nyenyakkah Tidur Anda Tadi Malam ?

0
121

Dr. Lahargo Kembaren SpKJ

Psikiater RS Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor

 

lahargo 21
Aiden dan Irma tidur lelap di Sora Sirulo Leidan (Foto: Mecu)

Tidur adalah suatu periode istirahat yang bertujuan untuk memulihkan fungsinya dan gangguan tidur telah menjadi suatu gangguan sejak jaman dahulu. Ada beberapa faktor penyebab seseorang tidak dapat tidur nyenyak, antara lain yaitu:

1. Gangguan psikologis dan medis, efek dari obat atau penyalahgunaan obat dan gaya hidup (seperti kurangnya olah raga). 2. Gangguan tidur yang kadang-kadang terjadi dialami oleh hampir semua orang dewasa dalam satu fase di kehidupannya. 3. Kebanyakan gangguan tidur merupakan respon terhadap tekanan hidup (masalah di kantor, sekolah, tempat kerja, rumah, hubungan dengan orang lain, dll.). 4. Gangguan tidur dapat berupa sulit untuk jatuh tertidur, tidur tapi terbangun-bangun saat malam, mengigau saat tidur, berjalan sambil tidur, berteriak saat tidur, dll.

Harus diwaspadai bahwa  gangguan tidur yang persisten mungkin merupakan gejala dari suatu kondisi yang lebih serius. Kurangnya tidur dapat memberikan konsekuensi yang serius antara lain : meningkatnya risiko menjadi depresi, gangguan pada pernafasan dan jantung, defisit memori, dan kecelakaan dalam pekerjaan ataupun di jalan.

Apabila terjadi gangguan tidur, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter untuk melihat adakah masalah fisik dan psikologis. Apabila ada masalah fisik maka sebaiknya diatasi dengan segera. Demikian juga halnya bila ada masalah psikologis agar secepatnya diatasi.

Melakukan higiene tidur adalah langkah pertama yang bisa dilakukan. Bila tidak membaik maka pemberian obat-obatan untuk menginduksi tidur dapat membantu.

Higiene tidur (sleep hygiene) antara lain adalah :

  1. Hindari minuman atau makanan yang mengandung kafein, nikotin, alkohol, soda, coklat, teh.
  2. Hindari makan makanan berat 2 jam sebelum waktu tidur
  3. Hindari minum terlalu banyak pada malam hari.
  4. Hindari lingkungan yang membuat Anda tetap terjaga seperti lingkungan yang ribut .
  5. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Duduk di kursi bila hanya ingin relaks.
  6. Hindari menonton TV di tempat tidur.
  7. Bangunlah suatu kegiatan rutin untuk siap ke tempat tidur : mandi air hangat, minum susu hangat, makanan tinggi triptofan (pisang), karbohidrat ringan.
  8. Aturlah waktu untuk relaks sebelum tidur dengan menggunakan teknik relaksasi
  9. Ciptakan atmosfir yang kondusif untuk tidur : suhu yang nyaman, gunakan ‘earplug’ , buat ruangan menjadi lebih gelap, kasur yang empuk supaya lebih nyaman
  10. Ketika di tempat tidur, relaks dan berpikir hal yang menyenangkan untuk membantu jatuh tertidur
  11. Bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk pada hari libur, gunakan alarm bila diperlukan
  12. Hindarkan tidur siang, apabila perlu lakukan sebelum Pkl. 15.00 (jam 3 sore) dan tidak lebih dari 1 jam
  13. Lakukanlah raga fisik yang teratur tetapi hindari olahraga yang yang terlalu dekat dengan tempat tidur dan hindari berolahraga 3 jam sebelum waktu tidur.

Jangan menganggap remeh gangguan tidur yang Anda alami. Segera konsultasikan kesulitan tidur   Anda ke psikiater.

Salam sehat jiwa!

Leave a Reply