Sirulo TV: Tifatul Galang Bantuan untuk Sinabung

0
179
ngguntur purba 158
Menteri Kominfo Tifatul Sembiring di Kabanjahe (Foto: NGGUNTUR PURBA)

Mata Air Bermunculan di Karo GugungNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggalang bantuan untuk korban letusan Gunung Sinabung.

“Selain bantuan logistik, Kemenkominfo juga menyerahkan bantuan berupa bahan-bahan bangunan. Sampai pagi ini, sudah terkumpul sebanyak 20 truk dan 13 kendaraan ukuran sedang untuk bantuan korban Sinabung,” ujar menkominfo tifatul sembiring dalam pernyataannya di Kantor Bupati Kabupaten Karo, Kabanjahe [Kamis 13/2].

Batuan itu berasal dari kalangan stasiun televisi diantaranya Orange TV, RCTI, TV One, Trans TV, SCTV, B Channel dan Net TV. Di samping itu, ikut pula menyumbang PT Pos, Bank BRI, dan Bank Mayapada. Kemenkominfo menggalang bantuan dengan mengajak operator telekomunikasi, stasiun-stasiun televisi,  dan Bank Nasional. Dari kalangan operator telekomunikasi ikut berpartisipasi diantaranya Telkom, Telkomsel, XL-Axiata, Indosat, B-Tel, Smart Fren, H3I dan Lippo Grup.

Bentuk bantuan, di samping bahan sembako, beras dan ikan asin, juga berupa bahan-bahan bangunan seperti atap seng, tripleks, semen, paku dan lainnya. Ada juga 1 ambulans dan 1 mobil klinik.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban dari saudara-saudara kita yang tengah ditimpa bencana letusan Sinabung,” kata politisi PKS ini.

Masing-masing pihak akan menyerahkan bantuan ini langsung kepada Pemprov Sumut di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan. Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, akan menerima secara simbolis. Lalu, konvoi bantuan akan bertolak menuju Kabanjahe.

Kunjungan Tifatul beberapa waktu lalu dan saat ini juga untuk memastikan bahwa infrastruktur telekomunikasi di sekitar daerah bencana tetap terjaga kualitas layanannya. Sejak akhir Desember 2013, Kementerian Kominfo memerintahkan penyelenggara telekomunikasi agar mensiagakan infrastruktur telekomunikasi berfungsi normal dan menyediakan layanan gratis. Demikian juga komunitas Orari dan Rapi dalam rangka mendukung tugas para relawan.

Posko Utama Penanggulangan Bencana Sinabung (Kabanjahe) mendata jumlah pengungsi letusan Gunung Sinabung hingga saat ini tercatat sebanyak 30.129 jiwa atau 9.402 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari laki-laki (12.124) dan perempuan (12.405). Adapun Lansia (2.198), ibu hamil (262) dan bayi (1.278) ditempatkan di 46 pos penampungan.

Para pengungsi berasal dari 34 desa, 2 dusun dan 5 kecamatan, diantaranya adalah: Desa Sukameriah, Desa Gurukinayan, Desa Selandi Lama, Desa Kutarakyat Desa Sigarang-garang Desa Berastepu, Dusun Sibintun, Desa Gamber, Desa Kutatengah, Desa Kutambelin, Desa Kebayaken, Desa Kutatonggal, Desa Sukanalu, Dusun Laukawar, Desa Tiganderket, Desa Mardinding, Desa Temberun, Desa Pintubesi, Desa Perbaji dan Desa Kutambaru.

Foto Atas: Anak-anak Sinabung di Posko Pengungsi Perbesi (Kecamatan Tigabinanga) (HERLINA SURBAKTI)

Leave a Reply