Pemulangan Pengungsi Sinabung Dimulai

0
110

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 163NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. 965 Kepala Keluarga (KK) (sekitar 3.800 jiwa) pengungsi Sinabung asal Desa Batukarang (Kecamatan Payung) telah dipulangkan dari posko pengungsian mereka di Tigabinanga (Kecamatan Tigabinanga) kemarin [Jumat 14/2].

Mereka dipulangkan secara bertahap. Tidak ada hambatan yang berat dalam pemulangan warga ini. Secara umum, pemulangan pengungsi asal Batukarang berlangsung lancar.

“Tinggal pematangan saja agar kehidupan warga dapat berjalan seperti biasa kembali,” ujar Roni Bangun, Kepala Desa Batukarang, kepada Sora Sirulo di sela-sela kesibukan pemulangan para pengungsi asal desanya.

Warga yang pulang mendapat dana sebesar Rp. 300 ribu/ KK ditambah Rp. 6.000 / orang setiap harinya serta 4 ons beras per hari per orang selama 1 bulan ke depan.

Adapan dana cash work hanya diterima oleh 174 KK yang terdaftar. Namun demikian, Roni Bangun mengatakan akan berusaha terus agar semua warganya bisa menerimanya.

ngguntur purba 164“Sementara ini, baru 174 KK warga Batukarang yang menerima karena baru itu yang terdata,” ujarnya.

Selain Batukarang, para pengungsi asal Desa Rimokayu juga dipulangkan di hari yang sama. Semua ketentuan yang diberlakukan untuk Desa Batukarang juga diberlakukan untuk Desa Rimokayu.

Menurut informasi yang diterima oleh Sora Sirulo, para pengungsi asal Desa Ujungpayung dan Desa Cimbang akan dipulangkan hari ini [Sabtu 15/2].

Leave a Reply