Taman Bungkul Surabaya Terbaik di Asia

0
143
ita 49
Klik foto untuk ukuran besar

ITA APULINA TARIGAN. SURABAYA. Taman Bungkul adalah taman kota kebanggaan warga Surabaya. Bagaimana tidak bangga, taman ini mendapat penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia, diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 26 November 2013 lalu di Jepang.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh UN Habitat Regional Office for Asia and The Pasific, Asia Habitat Society, Asia Townscape Design Society, dan Fukuoka Asia Urban Research Center kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Apa istimewanya Taman Bungkul ini? Taman ini dilingkupi pepohonan dan fasilitas publik yang nyaman. Panas terik Surabaya tidak terasa jika berada di taman ini. Sinar mentari seakan tak kuasa menembus rimbun dedaunan.

Taman Bungkul dirancang untuk dapat digunakan oleh segala usia, mulai kanak-kanak hingga orang tua. Tak heran, banyak keluarga sering meluangkan waktu di sini.

Selain fasilitas olahraga, taman ini juga menyediakan perpustakaan gratis. Ada mobil perpustakaan daerah yang selalu mangkal di sana. Boleh meminjam dan membaca buku dengan mencatatkan nama anda di buku tamu petugas.

Nama Taman Bungkul diambil dari nama Sunan Bungkul yang merupakan ulama Islam di jaman Majapahit. Makam Sunan Bungkul ada di belakang taman, sehingga banyak pengunjung di sana melakukan ziarah.

Di sekitar taman ada banyak penjual makanan kaki lima yang berderet rapi. Salah satu diantaranya yang sudah terkenal di jajajaran kuliner nusantara adalah Rawon Kalkulator. Masakan Jawa Timur yang satu ini memang sudah terkenal, tetapi Rawon Kalkulator memang punya keunikan. Disebut Rawon kalkulator, karena kasir di lapak ini bisa menghitung cepat sekali berapapun jumlah tagihan anda, tanpa menggunakan kalkulator.

Dari semua fasilitas dan pengunjung yang memanfaatkan taman ini, tepatlah kiranya jargon Walikota Surabaya, bahwa taman ini adalah untuk memisahkan sekat antara tua muda serta kaya miskin. Semua bertemu dan bersosialisasi di sini.

Leave a Reply