Pengungsi Sinabung Semakin Berkurang

0
122

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Pengungsi korban erupsi Sinabung yang menempati pos-pos penampungan selama 4 bulan ini, sebagian diantaranya telah kembali ke rumah masing-masing.

Hingga Minggu [16/2], tercatat sebanyak 5.783 pengungi (1.619 KK) yang berasal dari Desa-desa Batukarang, Rimokayu, dan Namanteran yang berada di luar radius 5 Km dari kawah Gunung Sinabung telah meninggalkan pos penampungan. Ini disampaikan oleh Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung (Kabanjahe), Jhonson Tarigan, kepada wartawan [Minggu 16/2].

“Saat ini, jumlah pengungsi erupsi Sinabung yang berada di Pos Penampungan di Kabanjahe tercatat berjumlah 27.485 orang. Berkurangnya jumlah pengungsi itu, terkait dengan pemulangan 3.797 orang ke desa mereka,” ujar Jhonson Tarigan.

Jhonson menyebutkan, pengungsi yang dikembalikan pada hari Minggu [16/2] berasal dari dua desa, yakni 689 orang atau 235 KK ke Desa Rimokayu (Kecamatan Payung) dan 3.108 orang atau 235 KK ke Desa Batukarang (Kecamatan Payung).

“Penduduk di dua desa yang dikembalikan berada di zona aman dan di luar radius 5 kilometer. Mereka dikembalikan berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” ujarnya.

Leave a Reply