Alat Test Kanker Prostat Baru Melegakan Laki-laki

0
125

loreta 6LORETA KAROSEKALI. EINDHOVEN. Setelah Universitas Maastrich menemukan alat yang lebih nyaman untuk pemeriksaan kanker payudara, kini Technisch Universiteit (TU) Eindhoven menemukan pula alat baru untuk pemeriksaan kanker prostat. Bila penemuan Universitas Maastrich sangat melegakan perempuan, alat yang ditemukan oleh TU Eindhoven ini sangat melegakan laki-laki karena hanya laki-laki yang mengidap kanker prostaat.

Hingga saat ini, pemeriksaan kanker prostaat dilakukan dengan menyedot cairan dari prostat laki-laki setelah menyucukkan jarum ke prostat yang dapat menimbulkan rasa teramat nyeri. Pemeriksaan dengan cara yang sama dilakukan 12 sampai 16 kali sehingga bisa dipastikan apa seseorang mengidap kanker prostaat atau tidak.

Metode pemeriksaan yang baru dilakukan dengan cara menginjeksikan gelembung-gelembung udara ke dalam urat nadi seseorang yang bisa saja dilakukan di tangan atau lengan. Gelembung-gelembung udara itu diikuti dengan alat echo. Mereka akan langsung terlihat terlihat di layar kaca (monitor) ketika mereka tiba di bagian urat nadi yang mengandung kanker.

Dengan cara ini, posisi dan kondisi terkini dari kanker dapat dipetakan.

Alat baru ini tentu sangat melegakan para laki-laki. Soalnya, dari 20.000 laki-laki yang mengalami pemeriksaan dengan lama ternyata 70% diantaranya ternyata tidak mengidap kanker prostat. Di Belanda, kanker prostast adalah jenis kanker yang paling banyak menimpa laki-laki.

Leave a Reply