Pesawat MAS Yang Hilang Mungkin Dibajak

0
123
mas2
Genangan minyak di permukaan Laut Cina Selatan

ABDUL RAHMAN. KUALA LUMPUR. Pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) mulai dikembangkan. Ada kemungkinan, pesawat ini mencoba kembali ke Kuala Lumpur setelah kontak radio terputus sama sekali. Berat diduga, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 ini menjadi korban pembajakan.

Pesawat terbang dari Kuala Lumpur menuju Peking 2 hari lalu [Jumat 7/3] dan kemudian hilang dari pantauan radar. Pesawat berisi 227 penumpang ditambah 12 awak kapal. 153 penumpang adalah warga negara China, 38 warga negara Malaysia dan selebihnya adalah warga negara Indonesia, Australia, Amerika dan Belanda. Di permukaan Laut Cina Selatan ditemukan genangan minyak yang diduga keras merupakan tumpahan minyak pesawat yang hilang.

Menteri Perhubungan Malaysia mengatakan kepada wartawan, data-data tentang penumpang akan diselidiki lagi secara sangat mendalam. Ada empat nama diantara penumpang yang sangat dicurigai. Dua diantaranya menggunakan paspor yang beberapa waktu lalu dilaporkan hilang oleh pemiliknya di Thailand.

Dari penyelidikan yang mulai dikembangkan, diketahui kedua penumpang ini telah memesan ticket penerbangan ke Eropah. Sebagaimana dilaporkan oleh BBC, rencananya mereka kemarin [Sabtu 8/3] terbang ke Amsterdam dengan pesawat China Sourthen Airlines. Salah satunya akan melanjutkan penerbangan ke Kopenhagen dan satu lainnya ke Frankfurt.

Berdasarkan temuan di atas, ada kemungkinan besar bahwa pesawat yang hilang memang dibajak. Indikasi awal dari dugaan pembajakan adalah tidak adanya signal yang dikirim ke pangkalan atau pelabuhan terdekat tentang adanya kerusakan pesawat sebelum hilang begitu saja dari pantauan radar.

Leave a Reply