Elpiji 3 Kg Langka di Karo Gugung

0
216

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 194NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi di Kabupaten Karo sejak sepekan terakhir.

Kelangkaan ini membuat harga gas elpiji 3 kg di tingkat pengecer mencapai Rp. 22.000/ tabung. Elpiji 3 kg  mengalami kelangkaan di pangkalan karena banyaknya permintaan langsung dari konsumen dan pengecer. Sejumlah pangkalan di Kota Kabanjahe dan Berastagi karo juga mengalami hal ini.

“Setiap ada ada pasokan, stok langsung habis,” kata pemilik sebuah pangkalan di Kabanjahe.

Tidak diketahui pasti penyebab kelangkaan elpiji 3 kg. Sepertinya,  kuota elpiji 3 kg untuk Kabupaten Karo berkurang. Ada indikasi konsumen beralih kembali ke tabung elpiji 12 kg. Ini terlihat dengan penjualan elpiji 12 kg yang stabil.

Kelangkaaan elpiji subsidi 3 kg di pangkalan menyebabkan pasokan di  pengecer juga berkurang. Akibatnya, harga melonjak dari mulai Rp. 20 ribu hingga Rp. 22 ribu per tabungnya.

Kelangkaan serta naiknya harga elpiji 3 kg ini tentunya memberatkan masyarakat dan pedagang. Ini terutama sekali terjadi pada para ibu rumah tangga di Kota Kabanjahe. Mereka mengeluh karena  terpaksa  menambah pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dari yang biasanya membeli elpiji 3 kg seharga Rp. 16 ribu menjadi Rp. 22 ribu per tabungnya. Selain itu, mereka juga harus mencari ke beberapa tempat pengecer karena kehabisan pasokan di pangkalan elpiji 3 kg.

Leave a Reply