Pagelaran Teater Boneka Anak-anak Merapi

0
222
lazuari 2
Saat anak-anak menggambar tokohnya masing-masing

SRI LAZUARI. MAGELANG. Teater Boneka Anak-anak Merapi akan ditampilkan di Desa Sumber (Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang) yang terletak persis di lereng Gunung Merapi [Sabtu 22/3].

Teater ini merupakan presentasi hasil lokakarya (workshop) yang melibatkan 70 anak-anak hingga dewasa yang  difasilitasi oleh para seniman teater, tari, musik, dan komik dari Merapi, Jogja, dan Australia. Lokarya ini tengah berlangsung [Rabu 12/3 – Jumat 21/3].

Ceritanya dikembangkan oleh anak-anak Merapi berdasarkan referensi keseharian mereka menggunakan boneka ukuran kecil sampai super besar. Dimainkan dalam arena luas yang menyatu dengan penonton. Pagelaran ini akan dimeriahkan pula oleh anak-anak dusun yang menarikan Reog Ponorogo dan kuda lumping.

Lokakarya di hari pertama melatih anak-anak bagaimana caranya mendalami karakter dalam lakon dengan menggambar tokohnya masing-masing dan memainkannya dalam bentuk permainan. Pagelaran yang dilaksanakan sehari setelah penutupan lolakarya terbuka untuk umum tanpa dipungut bayaran.

Terlaksananya lokakarya dan pagelaran teater boneka anak-anak adalah atas kerjasama dari Tlatah Bocah – Merapi,
Teater Boneka Papermoon – Jogja, dan Polyglot Theatre – Australia dengan melibatkan 1. Padepokan Seni Tjipta Boedaja – Tutup Ngisor – Merapi, 2. Sanggar Bangun Budaya – Sumber – Merapi, 3. Komunitas Seni Bangun Jiwo – Gejiwan – Merapi, 4. Komunitas Seni Berut – Berut – Merapi, 5. Omah Ngisor – Sambak – Sumbing, 6. Bocah Ilalang – Bebengan – Menoreh, 7. Reog Singo Dilogo – Gumuk – Merapi.

Leave a Reply