Kolom M.U. Ginting: Dialog

0
124

M.U. GintingIran, China, Turkmenistan, Saudi Arabia dan Bahrain yang dianggap melanggar kebebasan internet. Negeri-negeri ini memang belum berkembang demokrasinya. Tetapi, ternyata setelah dibongkar oleh Snowden, negeri besar dengan ’demokrasi besar’ Amerika juga tak lebih baik dari China atau Saudi Arabia.

Banyak memang terjadi dalam perubahan abad ini. Apa yang dianggap ’normal’ di abad lalu sekarang jadi tak normal. Tapi, arah besarnya sudah jelas, bahwa persoalan tak bisa lagi diselesaikan dengan jalan militer atau diktator. Sementara masih banyak yang munafik, ikut perubahan abad 21, tapi hanya dalam kata-kata. Dalam perbuatan masih sama.

Di Ukraina (invasi Krim), semua negara Barat menentangnya. Tetapi, ketika dikonfrontasi dengan invasi Irak 2003, mereka pada plintat-plintut, seperti halnya John Kerry atau William Hague. Abad 21 harus dialog kata Hague, lantas mengapa tidak begitu di Irak? Itu lain, katanya. Walaupun sama-sama abad 21.

Obama sering bicara dialog, tetapi John Kerry tidak. “Pecat Rusia dari G8,” kata Kerry. Ini model dialognya Kerry. Sementara Hague hanya ingin sangsi ekonomi atas Rusia, walaupun lebih banyak juga keraguannya karena Eropah Barat termasuk Inggris banyak tergantung nasibnya dari gas (minyak) yang mengalir dari Rusia. Kerry tak merasakan bau gas Rusia ini.

Leave a Reply