Ibu Hamil Butuh Ubi Jalar

0
186

Oleh: Jujuren br Sitepu (Fak. Kesehatan Masyarakat, USU)

 

jujurenjujuren 8Umbi dari ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok sejak dahulu kala. Namun, sekarang, ubi jalar sering dianggap sebagai makanan kampungan dan tidak bergengsi.

Padahal, manfaat yang dikandung ubi jalar untuk kesehatan sangat besar. Nilai gizinya bahkan lebih tinggi dibanding kentang dan memiliki indeks glikemik rendah. Serat dan kandungan vitamin A pada ubi jalar pun tinggi, termasuk juga zat besi, folat, tembaga, dan mangan.

Di Indonesia 75% perempuan kekurangan gizi terutama ibu hamil sehingga HB (butir-butir darah merah) ibu hamil rata-rata kurang dari 12gr% sehingga angka kematiaan ibu hamil masih cukup tinggi. Alasan ibu hamil kekurangan gizi adalah, salah satunya, kemiskinan. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil tidak seharusnya mahal. Salah satu contoh bahan murah untuk memenuhi gizi ibu hamil adalah ubi jalar yang berwarna putih atau ungu.

Adapun yang terkandung di umbi ubi jalar yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah karbohidrat (12,64% – 28,79%), protein (0,49% – 094%), dan lemak (0,68% – 0,89%).  Sedangkan kebutuhan ibu hamil terhadap protein 72 gram. Jadi, jangan sepele terhadap ubi.

Para bidan boleh menyarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi ubi jalar karena gizinya yang tinggi untuk ibu hamil dengan harga murah. Bidan adalah ujung tombak kesehatan ibu dan anak, khususnya yang terkait dengan gizi. Cara mengkonsumsi umbi ubi jalar yang terbaik adalah dengan cara mengkukusnya. Bila dimasak dengan air, vitaminnya akan berkurang karena larut dalam air masak.

Adapaun harga umbi jalar di pasaran Kota Medan saat ini adalah Rp. 2.500/ Kg.

Leave a Reply