Misteri Siung Buto

0
107

SRI LAZUARI. MAGELANG. Diskusi yang menyenangkan dengan anak-anak Merapi menghasilkan cerita berjudul Misteri Siung Buto (Misteri Taring Sang Raksasa).

Hal itu disampaikan oleh Gunawan Julianto kepada Sora Sirulo [Kamis 20/3] berkenaan dengan pagelaran Teater Boneka Anak-anak Merapi yang akan ditampilkan besok lusa [Sabtu 22/3] di Desa Sumber (Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang), tepatnya di lereng Gunung Merapi .

“Anak-anak itu meneruskannya dengan membuat sendiri tokoh-tokoh mereka,” kata Gunawan.

Uniknya, ketika kalangan dewasa mencoba menerjemahkannya ternyata cerita anak-anak ini relevan dengan berbagai kejadian kehidupan di bumi. Ada juga yang merupakan representasi sindiran terhadap kejadian-kejadian di negara Indonesia.

Gunawan Julianto yang merupakan salah seorang panitia lokakarya dan pagelaran teater yang melibatkan 70 anak-anak hingga dewasa yang  difasilitasi oleh para seniman teater, tari, musik, dan komik dari Merapi, Jogja, dan Australia ini mengundang semua orang untuk menyaksikan pagelaran besok lusa.

“Untuk menyaksikan pagelaran ini tidak dikutip biaya dan dimeriahkan pula oleh Reog Ponorogo yang dimainkan oleh anak-anak serta Kuda Lumping,” ajak Gunawan dari Rumah Pelangi ini.

Sebagaimana telah diberitakan kemarin, ceritanya dikembangkan oleh anak-anak Merapi berdasarkan referensi keseharian mereka menggunakan boneka ukuran kecil sampai super besar. Dimainkan dalam arena luas yang menyatu dengan penonton. Pagelaran ini akan dimeriahkan pula oleh anak-anak dusun yang menarikan Reog Ponorogo dan Kuda Lumping.

Leave a Reply