Aktivitas Sinabung Meningkat, Akses ke Laukawar Ditutup

0
182

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 197NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Sinabung sampai hari ini [Kamis 27/3] masih tinggi.

Hembusan asap di kawah sebelah Utara mengalami peningkatan. Sehubungan dengan itu, Satgas Tanggap Darurat TNI-Polri memperketat penjagaan di wilayah radius 5 km, terutama di Desa Naman (Kecamatan Namanteran). Di sini, Satgas menghentikan semua kenderaan yang masuk lebih ke dalam dan melarang orang memasuki wilayah lebih dalam seperti halnya bagi orang-orang yang menuju ke Danau Lau Kawar. Mereka menutup akses sebelah Utara Gunung Sinabung.

Ini dilakukan setelah kemarin terjadi peningkatan aktivitas Gunung Sinabung yang ditandai dengan adanya getaran gempa dan tingginya hembusan asap kawah Utara gunung ini. Penutupan akses ke Desa-desa yang berada di antara Desa Naman dan Lau Kawar dilakukan karena peningkatan aktivitas dianggap dapat lebih tinggi lagi hingga membahayakan jiwa manusia.

Kepada warga yang selama ini masih nekat memasuki kawasan rawan bencana radius 5 km, khususnya bagi mereka yang memanen hasil-hasil pertanian dan yang mengumpukan debu vulkanik untuk dijual, dihimbau agar menghentikan aktivitasnya. Harap jangan menerobos penjagaan petugas demi keselamatan diri sendiri.

Getaran gempa terasa hingga radius 13 km seperti halnya di Kota Kabanjahe. Menurut petugas Pos Pemantau Badan Geologi PVMBG, aktivitas Gunung Sinabung beberapa hari terakhir ini kembali mengalami peningkatanĀ  dengan kegempaan atau tremor yang tinggi serta guguran lava pijar yang terus terjadi sampai saat ini.

Status Gunung Sinabung masih tetap di Level 4 Awas karena masih berpotensi terjadi erupsi serta meluncurkan awan panas di kawasan rawan bencana. Diperkirakan, Status Tanggap Darurat masih akan diberlakukan hingga saat pesta demokrasi Pemilu Legislatif 9 April 2014 nanti.

Leave a Reply