mBak Iwul Juga Tampil Untuk Sinabung

0
188

sri lazuari 16SRI LAZUARI. JAKARTA. Seniwati keras hati yang akrab dipanggil ‘mBak Iwul’ ini akan berpartisipasi bersama grupnya, Teater Bumi Kalamtara dengan menampilkan “Simfoni Alam Berkabung” di puncak acara Tanah Karo Menangis  di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) malam ini [Sabtu 29/3].

mBak Iwul dikenal juga dengan nama ‘Nyai Demang Banget’. Namun, di kampusnya dulu, di Institut Seni Indonesia – Jogjakarta, tercatat dengan nama Ida Riyani. “Kami merasa sangat terhormat, diberi kesempatan untuk turut berbagi, dalam Pentas “SolidArt” Rajutan Kasih untuk Pengungsi Sinabung. Ini luar biasa. Seni seharusnya bisa menyentuh hati, untuk saling bergenggam tangan, membantu sesama,” ujarnya dengan bersemangat. “Kami akan tampilkan yang terbaik untuk Sinabung,” imbuhnya.

mBak Iwul adalah seorang penari tradisi Jawa yang lama malang-melintang di berbagai panggung. Tidak cuma menari, tapi Iwul juga bermain dalam beberapa lakon wayang orang, bersama Sanggar Swargaloka, W.O. Bharata, dll. Ia juga adalah seorang penyanyi yang handal tiga jenis seni yang piawai ia kuasai itu, mengantarkan sebagai Nominasi Aktris Terbaik pada Festival Teater Jakarta (FTJ) 2013.

Sebelum itu, ia telah didaulat oleh dewan juri untuk FTJ se-Jakarta Timur sebagai Aktris Terbaik. Pada pentas World Music “SUARASAMA”, Kelompok Musik pimpinan Irwansyah Harahap dan Rithaony Hutajulu dari Etnomusikologi USU Medan, yang bermain di Anjungan Sumatera Utara TMII pada Desember 2013 yang lalu, mBak Iwul tampil mempesona, berkolaborasi dalam konsep “Menafsirkan Bunyi” bersama Yan Harahap.

Leave a Reply