Rancangan TPS Pemilu untuk Pengungsi Sinabung

0
122

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 202NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Status Tanggap Darurat (Awas Level 4) Gunung Sinabung yang terakhir diberlakukan hingga 5 April 2014. Namun, diperkirakan, status ini akan dieprpanjang lagi sehingga sebagian warga di dalam wilayah radius 5 km dari kawah Sinabung masih berada di pengungsian saat Pemilu Legislatif 9 April 2014 nanti. Untuk itu, KPUD Kabupaten Karo menyiapkan alternatif TPS di setiap posko penampungan agar pemilih pengungsi saat menggunakan hak pilihnya dapat terlayani dengan baik.

Hingga saat ini, aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi dan wilayah radius 5 km dari kawah gunung ini masih berbahaya. Status Gunung Sinabung masih berada pada Level 4 Awas. 15.773 jiwa atau 4.989 Kepala Keluarga warga korban erupsi Gunung Sinabung masih menempati 32 titik pos penampungan pengungsi. Terdapat 11.540 pengungsi yang tercatat di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menggunakan hak pilihnya.

KPUD Kabupaten Karo, Panitia Pemilih Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan relawan demokrasi melakukan pemetaan untuk tempat pemungutan suara bagi para pengungsi. Direncanakan, para pemilih yang merupakan pengungsi dari 16 desa akan  dibuatkan TPS khusus di 32 titik posko. Alternatif TPS bagi pengungsi mengacu pada Pedoman KPU Nomor 190 Tahun 2014 untuk TPS Khusus Daerah Bencana seperti erupsi Gunung Sinabung yang telah diusulkan PPK dan KPUD Kabupaten Karo dalam skenario sebelumnya.

PPK dan KPUD Kabupaten Karo masih berkoordinasi dengan Satgas Tanggap Darurat dan Pemkab Karo untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih pengungsi dan pematangan pelaksanaan pemindahan TPS Pos Pengungsi. Jumlah atau inventarisasi TPS yang akan dibuat masih mengacu pada jumlah TPS di desa, tapi tergantung pada kondisi dan jumlah pengungsi daerah asal di setiap posko pengungsi  nantinya.

Untuk warga pengungsi yang masih berada di luar Kabupaten Karo seperti sekitar 200 pemilih yang berada di Posko Telagah (Kabupaten Langkat) akan difasilitasi jika mencoblos di Kabupaten Langkat atau difasilitasi tranportasi untuk datang mencoblos ke Kabupaten Karo.

Leave a Reply