Siti Aminah Kunjungi Pa Tolong

2
331

Mata Air Bermunculan di Karo Gugungngguntur purba 206NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Jelang Pemilihan Legislatif 2014 Caleg DPRD  Sumatera Utara dari Partai PDIP asal Kabupaten Karo, Siti Aminah Perangin-angin, menggelar doa penghormatan kepada leluhurnya Sibayak Pa Tolong di Kutabuluh Simole [Kamis 3/4].

Ini dilakukan melalui ziarah dan ritual penghormatan ke makam Pa Tolong serta menggalang kebersamaan keluarga berjuang dalam pesta demokrasi Pemilu 9 April 2014 nanti. Ritual ini digelar oleh Siti Aminah bersama keluarga  merga Perangin-angin dengan prosesi adat Karo. Doa dan pujian dilakukan terutama untuk Almarhum Pa Tolong Sibayak Kutabuluh yang semasa hidupnya berjuang melawan penjajahan Belanda. Ritual dipimpin oleh seorang pendeta.

Siti Aminah Perangin-angin yang merupakan kader PDIP memohon restu kepada nini bulang Pa Tolong yang pernah berjuang melawan penjajahan Belanda di wilayah Karo. Sebagai keturunan Pa Tolong, keluarga Siti Aminah melakukan penghormatan di makamnya yang telah direnovasi.

Usai doa acara dilanjutkan dengan makan cimpa bersama. Cimpa adalah makanan khas Karo yang diharapkan dapat memberikan berkah. Selanjutnya Silaturahmi dengan para kader PDI Perjuangan Karo. Acara ditutup dengan landek atau menari bersama  sebagai rasa syukur dan penghormatan kepada  leluhur atau nini bulang.

Siti Aminah Perangin-angin yang merupakan Caleg PDI Perjuangan DPRD Sumut asal Karo mengungkapkan ritual ini mencerminkan rasa persaudaraan untuk berjuang bersama keluarga  seperti leluhur yang berjuang melawan penjajahan. Dalam Pemilu ini caleg perempuan PDI-P ini memohon restu leluhur untuk maju dalam perjuangan menjadi wakil rakyat nantinya.

2 COMMENTS

Leave a Reply