Operasi Katarak Gratis Bagi Pengungsi Sinabung

0
204
brandy 76
Pelatihan pemeriksaan mata katarak terhadap anggota TNI dan Polri (Foto: NATANAEL MILALA)

Secara serentak bakti sosial dalam rangka memberi dukungan terhadap para pengungsi Gunung Sinabung ini dilakukan di beberapa tempat; Posko Masjid Agung Kabanjahe, Zentrum Kabanjahe, Gedung Serbaguna KNPI, dan Gereja Paroki Kabanjahe.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, lebih dari 30 relawan termasuk dokter dan perawat mata dibantu puluhan anggota TNI dan kepolisian diturunkan membantu memeriksa mata para pengungsi sebelum diputuskan apakah perlu atau tidak menjalani operasi katarak.

Menurut keterangan tim kesehatan Muhammad Irsan kepada wartawan, mayoritas mata pengungsi masih normal. Belum ada penyakit mata yang harus ditangani khusus. Pengungsi biasanya mengeluh karena ada penambahan lemak di kornea dan mata minus sehingga mempersulit mereka membaca.

“Biasanya di daerah dataran tinggi seperti di Tanah Karo ini banyak yang sakit mata. Itu karena faktor sinar ultraviolet matahari. Belum lagi karena debu vulkanik Gunung Sinabung,” ungkapnya.

Irsan juga mengungkapkan, dari ratusan warga yang telah diperiksa kondisi matanya, hanya terdapat sekitar 20 orang yang terkena katarak. Sebagian besar orang tua. Dia menambahkan pengungsi yang terkena katarak mata akan dioperasi pada 8–10 Juni 2014 di Rumah Sakit (RS) Tentara Putri Hijau, Medan.

Pengungsi Sinabung, Pegalang Sitepu (53) menanggapi positif aksi sosial yang digelar G-Resources dan TNI tersebut. Pria yang telah mengungsi selama 5 bulan ini mengaku turut memeriksakan matanya karena pada mata bagian kiri terdapat benjolan.

Leave a Reply