Caleg Incumbent Dapil 6 Deliserdang Diprediksi Masih Perkasa

0
296
Sanggar Seni Sirulo untuk film promosi wisata Pemkab Deliserdang

Catatan : Imanuel Sitepu

imanuel 407Manuver politik para calon legislatif (caleg) yang saat ini masih duduk di kursi empuk sebagai anggota DPRD Deliserdang diprediksi masih berpeluang terpilih kembali pada periode 2014-2019. Selain  telah dikenal masyarakat luas, partai Politik yang mengusung caleg Incumbent ini juga sudah gampang dikenali oleh pemilih. Pun demikian, bukan tak mungkin, ada peluang bagi para kandidat baru.


Seperti kita ketahui, pada Pileg lalu, anggota DPRD Deliserdang dari Dapil 6 yang meliputi Kecamatan (Delitua, Biru-biru, Sibolangit, Pancurbatu, Kutalimbaru, dan Namorambe), sebanyak 7 anggota dewan terpilih. Saat itu, 2 kursi diraih Partai Demokrat, 1 kursi PDI Perjuangan, 1 Kursi PKS, 1 Kursi PAN, 1 Kursi Golkar dan 1 Kursi Partai Damai Sejahtera (PDS).

Seperti dalam hasil penelusuran yang dilakukan saat jadwal kampanye berlangsung, untuk merebut kursi yang dilakukan 83 Caleg yang berasal dari 12 Partai diprekdiksi akan direbut oleh Caleg yang telah duduk di periode lalu. Setidaknya 1 Calegnya akan duduk di kursi parlemen tahun ini. Sementara partai peserta Pemilu lainnya seperti Nasdem, PPP, PKPI, Gerindra, PBB, hanya akan memperebutkan kursi yang ditinggalkan PDS yang tidak lulus Parliamentary Thresshold.

Pun demikian, calon anggota legislatif berstatus incumbent di Pemilu 2014 ini harus berjuang lebih keras lagi. Banyak anggota masyarakat menilai mereka tidak cukup banyak melakukan pekerjaan pro rakyat selama duduk menjadi wakil rakyat. Meski demikian, 7 kursi yang tadinya sudah diduduki oleh calon incumbent kemungkinan hanya sedikit mengalami perubahan.

Sejumlah nama caleg yang diprediksi berpeluang besar duduk sebagai anggota DPRD Deliserdang dari Dapil 6 Periode 2014-2019 adalah sebagai berikut.

Dari Partai Golkar ada nama Maya Shinta dan Thomas Darwin Sembiring. Popularitas kedua politisi ini tidak perlu diragukan lagi. Maya Shinta berpeluang besar karena dia adalah calon incumbent. Maya Shinta dikabarkan memiliki massa di Kecamatan Pancurbatu, Sibolangit dan Kutalimbaru. Sementara, Thomas Darwin Sembiring yang merupakan putra dari mantan wakil Bupati Deliserdang Alm. Yusuf Sembiring memiliki pendukung di Kecamatan Delitua dan Kecamatan Biru-biru.

Meski demikian, kedua Caleg ini akan dibayang- bayangi oleh Elia Tarigan BA. Pasalnya, Elia Tarigan BA juga pernah 1 periode menjadi anggota DPRD Deliserdang dari partai berlambang Pohon Beringin itu.

Di Partai PDI Perjuangan ada sosok Timur Sitepu Amd dan Ronaldta Tarigan. Pamor kedua Caleg ini juga tidak perlu diragukan lagi. Timur Sitepu adalah juga calon Incumbent.  Di memiliki massa dan simpatisan besar seperti di Kecamatan-kecamatan Sibolangit, Namorambe, Kutalimbaru, Delitua dan Kecamatan Biru-biru. Sementara, Ronaldta Tarigan dikenal masyarakat karena ayahnya  Alm. Naik Tarigan pernah menjadi Ketua DPRD Deliserdang dari partai Banteng Moncong Putih ini.

Sanggar Seni Sirulo mempromosikan wisata Deliserdang

Ada keuntungan tersendiri bagi para Caleg yang menumpang perahu besutan Megawati Sukarno Putri. Di Dapil 6 yang berada di bagian hulu Deliserdang, Partai PDIP memiliki banyak massa militan. Ditambah lagi, seluruh Caleg yang mereka turunkan kali ini sangat ‘laku dijual’ sehingga, diramalkan, akan banyak mendulang suara partai.

Pun demikian, Timur Sitepu dan Ronaldta Tarigan bukan berarti berada di atas angin. 2 calon keterwakilan perempuan, Elisa Erika SH dan Nurliana, akan menempel ketat. Tidak tertutup kemungkinan, 2 kursi akan ditoreh partai ini. Soalnya, satu faktor lain yang menentukan adalah performance Caleg dan kekuatan figurnya sangat merata di partai ini.

Selain Golkar dan PDIP, diprediksi PKS, Hanura, Demokrat, dan PAN bisa unjuk gigi bersaing. PKS memiliki Muhammad Iqbal SE yang diprediksi akan mengantar wakilnya menjadi anggota dewan. Apalagi, PKS memiliki senjata ampuh karena menjadi partai pemenang dalam Pilgubsu kemarin. Sementara, di PAN ada Tahan Sembiring. Keunggulan partai berlambang matahari ini  adalah salah satu partai pemenang dalam Pilbup kemarin yang mengusung pasangan Ashari Tambunan dan Zainuddin Mars. Sehingga memiliki nilai plus.

Partai Hanura pada Pileg kali ini memiliki sedikit kepincangan. Mereka hanya menurunkan 6 calon. Tapi bukan berarti Berngab Sembiring yang juga calon incumbent bisa dipandang sebelah mata. Namun begitu, kepincangannya adalah partai ini tidak melengkapi kuota partai dengan 7 calon.

Demikian juga dengan Partai Demokrat. Animo masyarakat untuk memilih partai berlambang bintang kejora ini diprediksi turun drastis dari Pemilu sebelumnya karena sejumlah petinggi partainya di pusat banyak yang tersangkut kasus korupsi. Padahal, pada 2009 lalu, partai ini adalah partai pemenang Pemilu dan berhasil mendudukkan 2 anggota dewan dari Dapil 6 yakni Mester Sembiring dan Setiawan Sembiring.

Pun demikian, bukan berarti pendatang baru, baik figur maupun Parpol lain, tak punya kesempatan. Dipastikan akan ada wajah baru muncul menjadi legislator seperti dari Partai Gerindra ada Nurhidayah dan Marim Sitepu. PPP ada drs. Enda Tarigan. Nasdem ada Kuzu sw Tarigan. Dari partai lainya seperti PKPI ada Rosanna Br Barus dan Joni Hendri Sp dan partai PBB ada Suyatno.

Leave a Reply